Friday, January 31, 2014

Gross Motor Skill Activities for Aca

Liburaaaan!!! Seneengnyaa. Pulang sekolah hari kamis kemarin, Aca langsung cerita kalau liburnya tiga sambil menunjukkan tiga jarinya. Semangat banget kalau libur sekolah sih Ca.
Okee, hari Jumat, sengaja tidak menyiapkan permainan apa-apa. Cuma pengen bersenang-senang spontan berdua sama Aca. Walaupun tetep, semoga ada kegiatan belajar yang bisa dimasukkan.
Hari ini, khusus aku pengen melatih motorik kasarnya Aca. Akhir-akhir ini agak terlupakan, padahal Aca masih butuh banyak latihan juga soal ini. Apalagi sudah diingatkan Bu Rinda setelah terapi kemarin.

Sunday, January 26, 2014

Main Mobil-Mobilan

Seperti kebanyakan anak lelaki yang lain, Aca suka sekali main mobil-mobilan. Suka disini tidak berarti Aca punya koleksi mobil-mobilan bagus dan banyak. Cuma, dia sering saja main mobil-mobilan sendiri di sudut-sudut rumah, sambil mulutnya gak berhenti mengeluarkan bunyi-bunyian layaknya mobil yang sedang jalan. Mobil-mobilan mainannya yang masih utuh dan lengkap bahkan cuma tiga, yang lainnya semua sudah rusak dan sudah tersimpan manis di gudang rumah. Dan syukurnya, Aca bukan tipe anak yang suka minta dibelikan mainan, jadi koleksi mainannya dan mobil-mobilannya jarang nambah setiap tahunnya. 

Sore tadi, setelah mandi, Aca asyik sendiri dengan mobil-mobilannya. Lalu aku ingat kalau punya printable jalan dari picklebums. Segera aku ambil di map plastik (semua mainan printable yang udah aku print aku simpan di map khusus) dan aku gunting serta di tempel pakai selotip. Jadi deh kami main mobil-mobilan dengan makin seru karena ada jalan raya nya.


Main Sama Styrofoam Angka

Waktu bersih-bersih kamar pas banjir kemaren, tidak sengaja nemu angka-angka dari styrofam/gabus. Dulu aku memang pernah pesan gabus angka buat belajarnya Aca. Kira-kira 2 tahun lalu saking gemesnya karena Aca susah aku ajari mengenal angka. Waktu itu untuk alfabet sudah bisa, tapi kalau angka yang cuma 1 sampai 10 Aca masih susah membedakannya. Pesennya sekitar 2 mingguan di toko khusus yang menerima pesanan dekorasi. Tapi karena sewaktu sudah jadi Aca malah sudah bisa banget mengenal angka maka gabusnya jadi terlupakan.

Tuesday, January 21, 2014

Saat Hujan

Anak-anak, meskipun hujan sepanjang malam dan siang hari, tetap saja mempunyai cara-cara ajaib untuk bersenang-senang. Begitu juga dengan Aca. Sepertinya dingin dan hujan malah semakin membuat Aca kesenengan. Kalau berangkat dan  pulang sekolah, yang paling heboh melewati genangan banjir ya anak itu. Malah teriak-teriak kegirangan. 

Dan Aca, selama di rumah setiap sore setelah bangun tidur siang , ada-ada saja yang dia lakukan. Kalau biasanya dia bisa main bola di teras rumah, atau lari-larian disana, berhubung hujan deras yang mengakibatkan lantai licin, jadinya Aca harus menghabiskan waktunya di dalam rumah. Dan dia seneng-seneng aja tuh. Bahkan bisa menciptakan permainan sendiri tanpa aku bantu.

Monday, January 20, 2014

Puding Zebra

Puding ini aku buat 2 minggu lalu untuk cemilan buka puasa. Puding yang lain dari biasanya karena ada tambahan tepung terigu, telur, dan margarin. Hasilnya adalah puding yang kaya rasa menurutku. Gurih, lembut, dan manis. Aku dapat resepnya dari blognya mbak Hesti. Ini dia resepnya :



Bahan :
2 bungkus agar-agar putih
1/2 kaleng Susu Kental Manis
2 butir telur
2 sdm margarin
2 sdm terigu (sangrai sebentar)
300 gr gula pasir
50 gr coklat bubuk
2 bungkus vanili
1/4 sdt garam
1200 ml air

Cara Membuat :
Campur gula, garam, telur dan sebagian gula. Kocok pelan menggunakan whisk asal rata. Jangan sampai berbusa. Tambah terigu yang sudah disangrai. Aduk, tambahkan SKM, aduk. Bila bergerindil saring. Sisihkan.
Masak agar, vanili, separuh gula, margarin bersama air sampai mendidih. Panas-panas tuang ke campuran telur lalu diaduk cepat sampai rata. Bagi dua, yang satu ditambah coklat yang sudah dicairkan dengan sedikit air mendidih.
Siapkan cetakan agar. Tuang secara bergantian.
Dinginkan.


Sunday, January 19, 2014

Maulid Nabi ala Aca

Hari Senin, tanggal 13 Januari 2014 kemarin, sekolahnya Aca mengadakan acara Maulid Nabi. Ada pemberitahuan beberapa hari sebelumnya kalau murid-murid diminta memakai baju muslim serta membawa makanan ringan seharga maksimal seribu rupiah sebanyak sepuluh buah. Buat tuker-tukeran nih kayaknya. Emaknya tentu saja yang paling seneng kalau ada acara yang spesial seperti itu. Malah, sudah niat bikin bolu kukus sendiri untuk bekalnya Aca. Tapi seperti biasa, niat tinggal niat hehe...hari ahad malah gak sempet bikin apa-apa jadinya terpaksa beli.

kostum yang dipakai Aca ke sekolah, lengkap dengan tas merahnya

Saturday, January 18, 2014

Play with Dry Fun Doh

Pagi-pagi, saat tahu kalau libur sekolah, Aca ribut minta main pasir. Hah, main pasir saat hujan-hujan gini? Teras rumah basah dan akan sangat merepotkan membersihkan sisa-sisa pasirnya nanti. Setelah aku alihkan perhatiannya dengan bermain peran, melukis, menyanyi, lama-lama lupa sama main pasirnya. Apalagi kemudian Fida datang, senanglah dia.

Mumpung ada Fida, jadi kepikiran buat ngajak Aca main plastisin. Aca ini, susaah banget diajak main plastisin. Pegang aja males. Risih sepertinya dengan teksturnya yang kenyal dan lengket. Padahal plastisin kan bagus untuk melatih motorik halus. Lebaran lalu, Aca dikasih hadiah  satu set Fun Doh saat gurunya melakukan home visit, dan sampai sekarang nganggur gak pernah dibuat main.

Aku variasikan dengan printable dari picklebums yaitu garden sama tema laut yang kemarin juga dimainkan waktu main pasir.

My Everything...






Saturday, January 11, 2014

Bolu Kukus Mekar Ekonomis

Akhirnya bisa menaklukkan bolu kukus mekar saudara-saudara..Setelah berkali-kali terkena kutukan bolu kukus yang bantat dan selalu berakhir di tempat sampah, siang tadi akhirnya berhasil juga memekarkan bolu kukus yang satu ini. Apalagi resepnya mudah, dan ekonomis banget. Cuma butuh 1butir telur, ngirit kan? hehe

Lihat deh, cantik banget kan hasilnya? ini dia resepnya :

Main Pasir di Rumah

Sabtu pagi yang cerah.Yay... It's time to play & Learn! Sudah lama sejak bawa pasir hitam dari Jepara, hari ini, kami berdua main-main pasir di teras rumah. Wow, seru, rempong, kotor, tapi sangat menyenangkan. Ini dia ceritanya :

Sebelumnya aku beli mainan yang buat nyetak di pasir. Tapi lihat-lihat di toko mainan kok mahal-mahal ya. Harganya sekitar 50 ribuan. Sayang belinya. Soalnya sebelumnya sudah menganggarkan buat beli washable watercolor buat Aca yang lagi seneng main finger painting.

Wednesday, January 1, 2014

Me Time

Menjadi seorang ibu, dengan sendirinya akan terprogram dalam hati, jiwa dan pikirannya bahwa prioritas utamanya adalah anak (setidaknya bagi aku). Misalnya nih, setiap dapat snack sewaktu rapat, rela lho aku kelaparan sepanjang malam biar snacknya bisa aku bawa pulang buat Aca. Meskipun, Aca tuh senengnya buka kardusnya aja, jajanan seenak apapun gak akan masuk dalam kriterianya.

Atau kalau lagi kerja udah mulai masuk waktu-waktu mau pulang, sama sekali gak konsen sama pekerjaan. Bawaannya pengen cepet pulang aja. Bisa sampai rumah cepet dan main sama anak. Soal mandi, boro-boro deh bisa mandi lama-lama, baru masuk kamar mandi aja Aca kadang suka teriak-teriak memanggil ngajak main ^_^. Makan atau tidur apalagi hehe..
Share