Pages

Tuesday, March 11, 2014

Math Game with Pompoms

Aca sudah mengenal angka 1 sampai 20. Minggu ini mulai aku kenalkan dengan angka 21 sampai 30. Tapi beberapa hari ini kalau urusan berhitung, Aca kok mulai tidak sabar. Maksudnya adalah menghitung satu per satu bilangan. Bahkan sampai sepuluh pun sering dia tidak sabar. Setiap kami belajar menghitung benda-benda, dia sering kelewatan mengurutkan bilangan. Asaal banget...

Jadi dalam beberapa play & learn minggu ini, sengaja aku kasih belajar tentang menghitung. Seperti kemarin waktu lomba meniup pompom, kami menghitung satu persatu pompom yang sudah dikumpulkan. 


Dan sore tadi, kembali kami melakukan permainan berhitung bersama. Masih menggunakan pompom seperti requestnya Aca. Aku pakai juga cetakan muffin, penjepit plastik, juga beberapa cup kertas. Cup kertas aku tulis angka mulai angka 1 sampai 12. Aku taruh satu persatu di lubang cetakan. Tugas Aca adalah mengambil pompom dengan jepitan dan memasukkan di cup kertas sesuai nomor yang tertulis.Untuk bilangan kecil, pompom berukuran besar bisa masuk, tapi bilangan yang lebih besar memerlukan pompom ukuran kecil biar bisa masuk semua sesui jumlah angkanya.

Permainan ini seru, gak kerasa kalau ada pelajaran matematika di sini. Yang jelas juga melatih kesabaran Aca untuk memasukkan satu demi satu pompom sesuai angka. 




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share