Pages

Monday, August 11, 2014

Bermain dengan Es Batu Warna-Warni

Setelah sekian lama tidak play n learn sama Aca karena libur panjang, inilah kegiatan kami di weekend kemaren..

Jadi ceritanya, kemarin aku bikin rainbow cake. Kebetulan Aca suka sama kue yang satu itu. Nah pas bikin, punya ide untuk bikin es batu warna-warni. Biar bisa dimainkan Aca, pasti dia suka.


Cetakan es batu aku isi air dan aku beri beberapa tetes pewarna makanan. Tunggu setengah beku, kemudian aku tancapkan lidi di tengah-tengahnya. Awalnya memang lidinya ambruk, tapi nanti bisa berdiri kok kalau sudah beku. 


Ini es batu yang sudah jadi. Warnanya lucu, jadi pengen makan hehe...Aca aja sempet mau masukin ke mulut. Eittss..air nya mentah Ca, jadi tidak untuk dimakan.



Aku ambil kotak plastik bening, dikasih air, dan masukkan kubus es batunya pelan-pelan ke dalam air...dan lihatlah bagaimana esnya bergerak..Aca terpesona lho. Lalu mulai aku ceritakan tentang perubahan bentuk dari es batu yang keras dan padat (sebelumnya aku minta Aca untuk menyentuh dan meneliti es batunya), menjadi cair yang sama dengan air bening di dalam wadah. Karena warna es batu dan airnya berbeda, jadi lebih mudah menjelaskannya. Apa Aca mengerti? Sepertinya sih tidak hehe..


Sukaa banget dengan ekspresi ingin tahunya Aca saat aku minta dia memasukkan es batu sendiri ke air. Dia bilang 'kapal'. Iya, seperti kapal. Tidak tenggelam. Es nya mengapung di atas air. Ah, another great science learning !


Dan Aca sedemikan menikmati main dengan es batu dan airnya. Lumayanlah untuk sensory playnya juga. Well, selain agak ribet juga karena jadi basah semuanya, maklum mainnya di dalam rumah hihihi...


Daan, sebelum seluruh es dimasukkan ke air dan mencair semuanya, buru-buru aku minta dia melakukan hal lain. Mumpung nih ceritanya. Aku ambil kertas gambar gede (sayangnya gak ada yang kosong) dan mengajak Aca melukis dengan es warna-warninya. 


Ternyata membuat lukisan di kertas menggunakan es batu itu menyenangkan..Aca tertawa lebar merasakan dingin dan licinnya es batunya.. Great for fine motor too...^_^





No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share