Pages

Wednesday, August 20, 2014

Eksperimen Soda Kue dan Cuka

Beberapa kali melakukan eksperimen sains sederhana di rumah, aku suka sekali melihat ekspresi 'wow' nya Aca saat mengamati es batu yang pelan-pelan mencair di air, butir-butir foam yang menempel di dinding botol, atau gelembung 'kembang api' yang tercipta saat air. minyak, dan pewarna disatukan. Aku tahu Aca belum mengerti bagaimana semua itu bisa terjadi, tapi setidaknya pengalaman dan memorinya yang akan membuatnya mencari tahu sendiri sebabnya kelak. Dan semoga Aca jadi selalu ingin belajar lagi dan lagi, karena banyak hal di dunia ini yang sangat menakjubkan untuk dipelajari.

Sore kemarin, kembali kami melakukan eksperimen kecil. Memanfaatkan baking soda dan cuka masak yang ada di rumah. Baking soda dan cuka kalau dicampur menghasilkan gas karbondioksida. Nah, ini yang kami pelajari dan lihat bersama.


baking soda dan cuka aku taruh di cup plastik kecil, yang baking soda ditetesi pewarna makanan secukupnya. Aku siapkan pippet kecil untuk memasukkan cuka ke baking sodanya.


pelan-pelan, cukanya diteteskan ke dalam cup berisi baking soda dan pewarna. Lihatlah apa yang terjadi...

Aca tidak sabar kalau menggunakan pippet, jadilah dia menuangkan cukanya langsung ke cup hehe..dan memang lebih seru sih hasilnya..busanya jadi mengembang banyak

reaksinya cuma sebentar, kurang lama. aca bolak balik bilang mau lagi...

sukses menghabiskan satu botol cuka masaknya uti di dapur hihihi...


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share