Pages

Saturday, September 20, 2014

Tentang Sensory Play

gambar dari learning4kids

Ini adalah share ilmu tentang sensory play yang aku dapatkan dari berbagai sumber. Ada yang dari instagram, facebook, sampai blog-blog keren di dalam dan luar negeri. Next, ganti ilmu yang lain ya? biar kita selalu bisa belajar bersama dengan anak-anak.

Apa itu Sensory play? Sensori play adalah ketika seorang anak mengeksplorasi menggunakan panca indra,yakni sentuhan/raba, bau, rasa, penglihatan dan pendengaran melalui bermain. 

Dan apa yang dimaksud dengan Sensory Bin? merupakan daerah yang penuh dengan obyek yang berbeda tekstur yang berbeda, ukuran, bau, dan rasa yang mendorong anak untuk menggunakan semua mereka panca indra mereka. Bin disini maksudnya menggunakan wadah khusus seperti container, kardus,ember, atau yg lainnya. Kalau seringnya sih aku menggunakan kontainer plastik bening. Ada 3 komponen dasar yang membentuk sensori bin: 1- dasar (atau pengisi) seperti beras, terigu,pasir,batu krikil, kacang-kacangan, jagung, agar2, dan lain-lain. 2- alat, seperti sendok, skop, toples, saringan,selang,corong, binatang2 plastik,dll. 3- ekstra ,bisa digunakan untuk memperindah sensory bin seperti macam-macam mainan meskipun kadang isinya tidak nyambung dengan tema di depan.

Manfaat Sensory bin: -peningkatan kosakata -menjadi kreatif - bagaimana mempelajari proses ilmiah. Anak-anak dapat mempertanyakan, menyelidiki, dan menarik kesimpulan. Dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, meningkatkan motorik kasar, meningkatkan keterampilan kognitif.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share