Pages

Thursday, October 23, 2014

Tema Binatang 1 : Peternakan

Tema belajar bulan ini setelah haji adalah binatang. Sub Tema nya adalah semut, binatang yang tersebut dalam Al Quran. Wah, tema yang seru nih. Aca pasti suka dan akan banyak ide play n learn nya. Semangat..!

Setelah ngobrol sama bu gurunya, minggu pertama tema adalah pengenalan binatang secara umum baru kemudian fokus ke semut, untuk di rumah juga aku terapkan play n learn tentang binatang. Beberapa hari pertama yang kami lakukan berdua adalah mencari referensi buku-buku tentang binatang dan membacanyakannya untuk Aca. Kebetulan lumayan banyak bukunya Aca, ini nih yang aku rasa paling cocok dan ternyata Aca pun suka.


Dari baca buku dan bongkar-bongkar mainan Aca yang lama, tambah seneng karena banyak material pendukung. Hasilnya pas banget dipasangkan dengan buku-bukunya. Ini dia contohnya, Aca sampe lama banget maininnya.


Rencana play n learn tentang binatang aku bagi menjadi tiga bagian yaitu peternakan, lautan, dan hutan. Maksudku aku ingin Aca tahu dan bisa membedakan habitat binatang-binatang yang ada di alam.  Untuk pertamanya hasil dari baca-baca buku sih Aca sudah lumayan mengerti, tapi mari kita perdalam lagi yah Ca hehe..

Materi belajar pertama yaitu tentang Peternakan. Atau dengan bahasa lain binatang yang hidup di peternakan. Proyek pertama adalah dengan membuat kolase peternakan. Sebenarnya dulu sudah pernah main ini seperti yang pernah aku ceritakan di sini. Tapi untuk sekarang tentu saja lebih aku tekankan tentang binatang-binatang yang hidup di peternakan serta cerita-cerita seputar itu. Printablenya sama persis sama yang dulu tapi aku tambahkan dengan kertas hijau seumpama rumput. Nanti Aca yang bertugas memotong rumput biar tidak kepanjangan. Untuk latihan mengguntingnya.






Setelah itu kami membuat sensory bin bertema peternakan. Yang aku siapkan adalah styrofoam, potongan kertas krep sebagai rumput. Untuk binatangnya, aku gunakan binatang laminating waktu dulu main imajinasi dengan styrofoam. Ngirit dan gak perlu beli material apapun lagi hehehe...






Surprisingly Aca anteng banget mainnya. Semangat menancapkan setiap binatang dan menaburkan kertas krepnya untuk rumput. Jadi punya banyak waktu untuk 'memancing' Aca bicara dan bercerita. Seperti sapi, kakinya ada berapa, makanannya apa, sapinya sedang apa, hal-hal semacam itulah. Dan Aca lancar menjawabnya. Besok pagi akan aku review sedikit pengetahuan Aca lagi tentang binatang peternakan.

Jadi tidak sabar menyiapkan tema binatang yang lainnya ^_^


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share