Pages

Monday, October 27, 2014

Tema Binatang 3 : Hutan

Tema ketiga kali ini adalah hutan. Seperti biasa sebelum memulai play n learn (atau 'main' kalau Aca menyebutnya), aku ceritakan dulu apa sekilas tentang maksud permainan kami. Jadi kami akan mengidentifikasi binatang-binatang yang hidup di dalam hutan. Berikut beserta makanannya, cara hidupnya, dan keterangan lainnya (dikiit tapi, namanya juga anak-anak, mesti pakai bahasa yang super simpel dan cepet hehe).

Aku memakai buku ini sebagai referensi dan buku pendamping cerita. Buku lama, bahkan sudah lecek gara-gara sering dibawa-bawa Aca ke sekolah.


Setelah sedikit bercerita, kami seperti biasa membuat kolase hutan sederhana. Buatan sendiri, jadi maklum seadanya. Mestinya sih diwarnai dulu biar lebih hidup, tapi Aca mana mau..Ya sudahlah, kita mulai saja menempel binatang-binatang lucu yang telah aku print dan gunting.




Setiap hewan yang mau ditempel, aku tanyakan dulu nama hewannya, terus makanannya apa. Karena itu pengetahuan yang aku ajari sebelumnya. Untuk keterangan lainnya aku bacakan dari buku diatas seperti hidupnya berkelompok, keluar di malam hari, dan hal-hal lainnya. 



Setelah membuat kolase, seperti biasa lagi, kami membuat sensorybin hutan. Kali ini menggunakan binatang karet mainan, jadi lebih seru. Untuk materialnya, masih memakai material sensorybin peternakan kemarin untuk rumputnya, waterbeads dari sensorybin laut untuk kolam airnya, dan yang agak berbeda adalah biji-bijian hitam yang aku umpamakan tanahnya. Biar anak-anak juga merasakan tekstur bahan yang berbeda-beda.




Sekarang tugas anak-anaklah yang harus menyusun binatang-binatangnya. Waah, pinternyaaa....


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share