Wednesday, February 25, 2015

Batu Alfabet

Dulu pernah main dengan painted stones seperti yang pernah diposting disini . Nah, yang ini batu nya dilukis dan ditulisi alfabet. Jadi makin seru mainnya. Yuk, kita lihat bagaimana Aca main dengan batu alfabetnya.

 Untuk batunya, awalnya dikasih warna background. Setelah kering ditulis huruf-huruf dengan kuas yang lebih kecil. Siap digunakan.


Aku buatkan Aca simple worksheet. Berhubung tidak bisa gambar, jadilah browsing gambar hewan-hewan dari internet. Print terus gunting.

Aca bertugas mencari batu yang sesuai dengan huruf yang hilang di worksheetnya.

  Untuk huruf depan, Aca sudah mahir. Tapi untuk huruf yang di tengah dan belakang masih kesulitan. It's ok. Bisa belajar lagi besok-besok.

Ini hasilnya...Aca pinteer...!!




Straw Painting

Melukis bagi Aca selalu seru. Tidak seperti mewarnai menggunakan crayon atau pensil warna. Melukis dengan kuas dan cat lebih menyenangkan baginya. Dan kali ini, kami membuat lukisan dengan menggunakan sedotan dan cat air. Kita lihat bagaimana hasilnya.

Material : cat air, sedotan, kertas

teteskan cat ke atas kertas


tiup cat yang sudah diteteskan tersebut menggunakan sedotan

Aca belajar bahwa tiupan yang keras akan membuat cat bergerak lebih jauh.

Karena catnya lumayan kental, aku teteskan air untuk memudahkan Aca meniupnya

dan berlanjut dengan main air dan cat sampai lamaaa...

Noted : sebelum diteteskan diatas kertas, lebih baik kalau catnya dicairkan dulu. Aca kesulitan meniup cat yang lumayan kental. Pakai cat air beraneka warna juga sepertinya akan menghasilkan lukisan abstrak yang lebih bagus. Sayangnya Aca cuma punya tiga warna ini hehehe....

Saturday, February 21, 2015

Ulat yang Suka Makan



Alhamdulillaah, libur lagi. Sabtu pagi yang cerah. Setelah ke taman dan puas main bola sendirian, kami membaca buku di teras rumah. Judulnya 'The Crunching Munching Catepillar' atau Ulat yang Suka Makan. Sekalian bikin ulat mainan. Ulatnya dibuat dari egg karton bekas. Cat air, pipe cleaner, mata mainan. Yuk mulai..

Aca bertugas mengecat egg carton nya.

Sambil nunggu ulatnya kering, baca buku lagi. Aca suka pas bagian si ulat makan kres! kriuk! hehe

Karena di buku, ulatnya suka makan, maka Aca juga minta ulatnya diberi daun biar dimakan.

Kriuk! Kres! Kriuk! Kres!...Geli mendengar Aca menirukan suara 'ulat makan'

'Ayo ulat, makan yang banyak'

Dan saat si ulat di buku tidur pun, ulatnya Aca juga harus tidur dengan berselimut daun ^_^

Membaca buku dengan cara ini ternyata menyenangkan dan seru banget. Jadi, besok-besok bisa bongkar koleksi bukunya Aca untuk dibuat craft sesuai cerita di buku. Biar tidak bosan membaca buku dengan cara yang biasa.



Thursday, February 19, 2015

Belajar Berhitung dan Beras Warna

Sudah lama tidak membuat beras warna, weekend kemarin aku sempatkan mewarnai sedikit beras untuk bahan main dan belajarnya Aca. Dan karena hari ini libur, jadi waktu yang tepat untuk memainkannya.

Beras warnanya aku gunakan untuk bermain hitung kalau istilahnya Aca. Selain beras warna, aku menggunakan stiker bulat, beads kayu berbentuk kepik, serta scissor scooper. Tak lupa aku beri soal penjumlahan di kertas. 



Caranya, Aca harus menghitung dulu penjumlahan di kertas yang sudah aku siapkan. Biasanya Aca menghitung pakai jari tangan. So far, penjumlahan sampai lima dia sudah bisa. Makanya aku mulai perkenalkan untuk diatas angka lima. 

Play n learn kali ini sukses bikin seisi lantai rumah penuh dengan beras warna-warni. Tapi suka melihat Aca semangat berhitung dan ngubek-ngubek berasnya. Coba kalau cuma diminta mengerjakan worksheetnya, bisa kabur dia.

Yang aku perhatikan dari Aca adalah betapa dia sangat tidak sabaran dalam menghitung dan mengurutkan. Sering kelewat dalam mengurutkan angka gara-gara mau cepat selesai. Masih perlu banyak latihan nih..
Well, kita lihat saja bagaimana serunya Aca bermain dan belajar tadi yuk..

simple worksheet


beadsnya ada di bawah beras. Aca harus mengambil beads yang sudah ditempel stiker sesuai angka yang benar dengan scissor scooper. Great for fine motor skill.

Ini cara Aca berhitung. Dengan menggunakan jari-jarinya. Selalu suka melihatnya bersemangat belajar seperti ini.

Dengan beras berceceran dimana-mana, inilah cara Aca belajar dengan menyenangkan.



Saturday, February 14, 2015

Fancy Straws & Felt

Aktivitas selingan untuk Aca hari ini adalah melakukan yang agak lebih serius sedikit ya..berhubung punya sedotan lucu yang baru, maka kita manfaatkan saja untuk bermain sambil belajar saja.



Materialnya : fancy straws, kain felt warna-warni, dan kertas. Sebelumnya sudah aku siapkan worksheet untuk tracingnya Aca. Nantinya Aca harus tracing kata-kata dan menghubungkannya dengan gambar shape disebelahnya. Setelah itu kain felt sudah aku potong-potong menjadi bentuk-bentuk geometri dan aku lubangi ditengahnya. Aca bertugas memasukkan potongan felt sesuai warna melintasi sedotan. Berhubung sedotannya berkelok-kelok gitu jadi menambah tantangan baginya. Mari kita mulai..



Hasilnya, Aca tidak sabaran di tracingnya. Di kata-kata awal masih semangat, tapi untuk baris ketiga sudah asal banget tracingnya. Untuk memasukkan potongan feltnya ke sedotan juga gak telaten banget. Aca memang harus banyak latihan kesabaran nih. Tapi dia berhasil menyelesaikannya kok. Not bad hehe..


Udara Ada di Mana-mana

Masih dalam tema Udara. Pagi ini kunjungan rutin kami ke taman ketika cuaca cerah adalah sambil membawa gelembung sabun. Semua anak suka kan meniup gelembung? Apalagi Aca. Suka banget.



Sekalian belajar tentang udara lagi deh kami. Beberapa saat setelah dia asyik meniup gelembungnya, aku kasih Aca pertanyaan. "Ca, gelembungnya kok bisa besar kenapa?" "Ditiup Aca" jawabnya sambil lalu. "Terus meniupnya pakai apa?" "Pakai mulut" juga dengan cueknya, sepertinya dia terganggu dengan pertanyan-pertanyaanku. "Iyaa.,kalau pas meniup, yang keluar dari mulut apa?" "UDARA" sambil meninggikan nada suaranya. Ehh..sudah mengerti ya? hihihi...sepertinya Aca memang sudah mengerti banget ya belajar di sekolahnya.
 
Naah, tadi juga ada yang istimewa. Setelah beberapa lama asyik meniup gelembungnya (emaknya asyik moto-moto},tiba-tiba Aca berteriak, "Umi, ada udara, ada udara" masih gak ngerti maksudnyaa lalu kemudian Aca membuat gelembung besar tanpa meniupnya. Ohhh, itu toh..

"Gelembungnya bisa besar karena ada udara, udara kan ada dimana-mana Ca. Aca bernafas menghirup udara, angin juga udara lho. Udara yang bergerak.''

Saturday, February 7, 2015

Membuat Mainan dari Pompom dan Kawat Bulu

Pompom dan kawat bulu, salah dua bahan wajib di rumah. Yang bisa dibikin mainan apa aja. Yang bisa dibikin alat bantu belajar juga. Nah kali ini, kami membuat mainan imut dan lucu dengan dua bahan itu. Idenya dari akun instagram @ayomain. Disana banyak ide-ide bermain yang keren lho. Silakan difollow ya untuk mendapatkan ide serunya.

Yang pertama adalah membuat sporty pompom. Bahannya : pompom, kawat bulu, sedotan, mata mainan, playdough (aku memakai styrofoam).


Caranya : Masukkan kawat ke dalam pompom, gulung kedua bagian ujung kawat membentuk lubang. Pasangkan mata dan mulut. Sambungkan 2 sedotan membentuk tiang. pompomnya ke dalam sedotan, lalu pasangkan kaki sedotan diatas playdough atau styrofoam agar bisa berdiri. Jadi deh.



Pompom ini bisa berayun-ayun. Nah, kalau Aca tentu saja di luar mainstrean mainnya. Dia meniupnya, menjungkirbalikkannya, dan yang terakhir dibuat seperti ketapel. Haduuh Caa....


Kemudian kami juga membuat finger puppet kelinci. Bahnnya : Kawat bulu, mata mainan, pompom, kertas origami, lem.


Caranya : Gulung kawat bulu melingkari jari. Buat telinga dengan membentuk huruf M. Pasangkan telinga ke lingkaran kawat tadi. Pasangkan pompom, mata dan mulutnya.


Seharian tadi Aca dan Fida main 'cerita-ceritaan' dengan finger puppet ini. Diberi nama Keli, Kola, dan Loka hahaha...



 


Nah, yuk bikin sendiri mainan buat anak-anak kita. Gampang dan murah meriah.


Membuat Roket Balon

Tema pelajaran di sekolah Aca bulan ini adalah Udara. Banyak kegiatan seru mestinya di sekolah, bahkan minggu depan Aca diminta untuk membawa kertas kalender bekas untuk dibuat baling-baling. Untuk di rumah, masih belum beres nih lesson plannya. Sementara ini baru mencari buku bacaan dan eksperimen sederhana. 


Eksperimen yang pertama adalah membuat roket dari balon. Bahan lainnya adalah tali (aku memakai tali rafia), sedotan dan selotip.

Cara membuatnya : Ikat tali di kaki kursi atau apapunyang ada di rumah. Masukkan sedotan ke dalam tali dan ikat ujungnya ke kaki kursi yang lain.


 Diatas sedotan, pasang selotip di tengahnya.





 Tiup balon sampai cukup besar. Ini bagian Aca yang memompa balonnya. Jangan diikat ya balonnya. Dipegangi saja mulut balonnya.

Tempelkan balon di bawah sedotan dengan menggunakan selotip. Geser balon sampai ke ujung tali sambil terus dipegangi ujungnya. Setelah itu lepaskan dan lihat apa yag terjadi.

Balon bergerak sangat cepat menuju ujung tali yang satunya. Udara di dalam balon yang keluar saat pegangan dibuka mendorong balon maju dengan kecepatan tinggi. Hampir mirip dengan roket. 

Aca senang sekali dengan eksperimen ini. Sekali dia masih belum ngeh karena balonnya kan bergeraknya cepat sekali, tapi setelah aku ulangi, dia malah ketagihan bikin roket balon terus.

Seruu kaan??








Thursday, February 5, 2015

Lomba Kelereng

Sesekali seru-seruan bersama para sepupunya, kali ini kami main dengan kelereng. Bagaiman cara mainnya? Dengan berlomba meletakkan kelereng diatas sedotan. Permainan ini cocok sekali untuk toddler lho, untuk latihan kesabaran, konsentrasi, koordinasi mata dan tangan. Dulu Aca belum pernah main ini, jadi kita kenalan dulu dengan permainan ini.

Materialnya, sedotan (yang ukuran besar), kelereng, serta alas (bisa pakai styrofoam, aku memakai oase yang untuk merangkai bunga). Susun saja sedotannya, lalu minta anak untuk meletakkan kelereng diatas sedotan. Nah, jadi deh.

Oke, memang mudah bagi Aca. Meskipun lagi-lagi Aca harus belajar hati-hati biar tidak sering kesenggol sedotan yang sudah berisi kelereng. Makanya untuk lebih serunya, Aca dan sepupu-sepupunya akan berlomba meletakkan kelereng sambil berlari. Siapa yang paling cepat menyelesaikan, dia yang menang. Benar saja, anak-anak senang sekali mainnya. Beberapa kali kelerengnya jatuh dan harus dikembalikan lagi. But it was fun. Permainan sederhana pun bisa membuat anak-anak bahagia kan...









Wednesday, February 4, 2015

Berhitung dan Menjemur Baju

Play n learn kali ini menggabungkan macam-macam keterampilan bagi Aca. Ada menulis, berhitung,  berbicara, motorik halus, dan konsentrasinya. Padahal sih awalnya tidak direncakanan, tapi karena tiba-tiba Aca minta main jemur baju sedangkan aku malas mencari dimana printable baju angkanya, jadi aku guntingkan saja kertas concorde merah menjadi seperti bentuk baju. Anaknya juga tidak keberatan kok hihihi...

Next, meminta Aca menulis angka satu sampai lima. Biasanya, Aca mana mau kalau aku minta menulis mandiri. Kadang mau kalau memakai tracing, tapi lebih sering tidak. Nah, kali ini aku pancing dia agar mau nulis. "bajunya biar bagus kasih angka yuk Ca". Jadi aku mulai dengan angka 1 dan dia mulai menuliskan angka 2 sampai 5 di 'baju' yang lain. Tuh kaaan, bisaaa...Aku juga menuliskan simbol penambahan dan sama dengan.

Setelah itu, aku minta Aca memasang angka tertentu di tali jemuran, misalnya satu, lalu tanda tambah, aku request lagi minta angka yang lain, sama dengan, dan akhirnya Aca yang harus mencari angka jawabannya. Lucu  dengan cara Aca berhitung yang memakai jari-jarinya. dan bener banget lhoo..Ah, Umi bangga banget sama kamu Ca..


 material bermainnya. Semua angkanya Aca yang nulis sendiri lhoo..

 Percobaan sebelum main. Aca sudah sering aku ajak main hitung-hitungan. Semoga tetep ingat.

Pekerjaan dan Kendaraan

Postingan yang terlewat bulan Januari kemarin. Tema di sekolah tentang Pekerjaan (meskipun fokus belajar di sekolah adalah berdagang), maka di rumah kami belajar tentang macam-macam pekerjaan. Tidak terlalu banyak permainan dengan tema ini seih memang, karena Aca sering aku ajak ke tempat-tempat jenis pekerjaan tertentu untuk kemudian kami berdiskusi tentangnya bersama-sama. Setidaknya kemarin kami ke pasar tradisional, rumah sakit, sekolah, juga beberapa kali ikut emaknya ini bekerja.

Untuk play n learn di rumah, beberapa yang kami lakukan diantaranya adalah matching game antara pekerjaan dan kendaraan yang dipakai. Pakai printable dari totschooling. Dalam permainan ini aku membuat feltboard sederhana. dari kertas kardus yang dilapisi kain flanel. Sedangkan untuk gambar-gambar printablenya, setelah aku print di kertas cover biasa, kemudian aku lapisi lagi dengan kertas kardus biar lebih kuat dan tebal lalu aku tempeli dengan velcro agar bisa ditempel ke feltboardnya.

Satu lagi modifikasi dari printablenya adalah aku juga membuat potongan kertas yang aku tulis dengan nama-nama profesi/pekerjaan yang ada digambar. Maksudnya sih biar Aca belajar membaca juga, atau setidaknya mengenali kata-katanya.

Ini dia materialnya. Feltboard, kartu-kartu berisi gambar profesi, kendaraan, dan tulisan masing-masing profesi.

Share