Pages

Wednesday, February 4, 2015

Berhitung dan Menjemur Baju

Play n learn kali ini menggabungkan macam-macam keterampilan bagi Aca. Ada menulis, berhitung,  berbicara, motorik halus, dan konsentrasinya. Padahal sih awalnya tidak direncakanan, tapi karena tiba-tiba Aca minta main jemur baju sedangkan aku malas mencari dimana printable baju angkanya, jadi aku guntingkan saja kertas concorde merah menjadi seperti bentuk baju. Anaknya juga tidak keberatan kok hihihi...

Next, meminta Aca menulis angka satu sampai lima. Biasanya, Aca mana mau kalau aku minta menulis mandiri. Kadang mau kalau memakai tracing, tapi lebih sering tidak. Nah, kali ini aku pancing dia agar mau nulis. "bajunya biar bagus kasih angka yuk Ca". Jadi aku mulai dengan angka 1 dan dia mulai menuliskan angka 2 sampai 5 di 'baju' yang lain. Tuh kaaan, bisaaa...Aku juga menuliskan simbol penambahan dan sama dengan.

Setelah itu, aku minta Aca memasang angka tertentu di tali jemuran, misalnya satu, lalu tanda tambah, aku request lagi minta angka yang lain, sama dengan, dan akhirnya Aca yang harus mencari angka jawabannya. Lucu  dengan cara Aca berhitung yang memakai jari-jarinya. dan bener banget lhoo..Ah, Umi bangga banget sama kamu Ca..


 material bermainnya. Semua angkanya Aca yang nulis sendiri lhoo..

 Percobaan sebelum main. Aca sudah sering aku ajak main hitung-hitungan. Semoga tetep ingat.


 
Seperti biasa, ekspresi seriusnya bikin ketawa. Ini dia pas lagi memasang jeptian ke tali. Jepitan kayu nya ukuran kecil, jadi lumayan susah memasangnya.

Dan ini hasil hitungan Aca. Eh satu lagi, dalam proses berhitung, Aca harus menyebut semua angkanya lengkap sampai hasilnya. Jadi kalau seperti di foto ini, Aca harus bilang 'satu ditambah dua sama dengan tiga'. And..he did it very well. Lancar dan jelas. 

Besok-besok, main hitung-hitungan yang lebih susah lagi ya hehehe...

2 comments:

  1. Seru mbk...aq paling susah nyari pernak pernik gantungan kyak gitu mbk...so, jadi terkendala di situ,,padahal alternatif main nya bisa banyak ya...bundane husna kebanyakan ngeles...hihihi

    ReplyDelete
  2. jepitan kayu? aku kan jual say.. habis gajian kulakan bahan gih..biar gak repot setiap mau bikin-bikin sama husna.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share