Pages

Wednesday, March 18, 2015

Bermain Magnet

Magnet bukan barang baru bagi Aca. Dulu sudah pernah main dengan benda ini, di rumah juga sering menggunakannya untuk bermain memancing ikan. Tapi sekarang, kami ingin bermain magnet lagi dengan agak serius. Mumpung punya banyak peralatan magnetic. 


Bermain magnet yang pertama ini kami menggunakan magnetic wand dan magnetic chips. Mainan yang bagus sekali kalau menurutku. Magnetic wand nya kuat, sedangkan chipsnya berwarna cerah.


Buku yang kami gunakan dalam permainan ini adalah Yuk Main Sains dengan Magnet. Buku murmer yang berisi banyak eksperimen seru dengan magnet. Eksperimen pertama yang kami lakukan adalah mengambil paku di dalam air. Karena tidak punya paku di rumah, aku menggantinya dengan magnetic chips.



Untuk memperkenalkan Aca pada magnetic wand dan chipsnya, aku biarkan dulu dia mencobanya dengan mengambil chips dari air dengan cara mendekatkan wandnya. Aca tertawa kegelian saat tahu kalau chips nya bisa melompat ke atas dan menempel meskipun jaraknya tidak dekat.


Kemudian sesuai eksperimen di buku, aku menyiapkan gelas dan mengisinya dengan air. Chips dimasukkan ke dalam gelas. Magnetic wand ditempelkan ke dinding gelas dan Aca harus menggerakkannya ke atas untuk mengambil chipsnya.


"Bisa naik Umi.." katanya..Iya Ca. Magnet bisa menembus benda cair dan padat. Benda padatnya adalah gelas, dan benda cairnya adalah air di dalam gelas. Besok, kita akan bermain magnet lagi biar kamu lebih mengerti.


1 comment:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share