Pages

Saturday, March 28, 2015

Menulis di atas Garam

Rencananya sih pengen bikin garam warna, tapi sebelum garamnya diwarnai, main-main dulu sama Aca dengan garam halus yang masih putih aja dulu ah. Setelah itu baru diwarnai untuk digunakan play n learn yang lain.

Garam putihnya aku taruh di nampan. Kemudian aku siapkan beberapa kartu untuk berhitung dan menulis angka. Sebelumnya aku ajak Aca menulis namanya dulu di atas garam. Menulis dengan cara ini seru lho. Mudah dihapus juga. Iyalah hehe..kalau selesai tinggal diratakan lagi garamnya untuk dipakai menulis lagi.
Untuk kartunya, di satu sisi aku gambar bulatan kecil dan di sisi lainnya aku tulis angka sesuai bulatan di baliknya. jadi tugas Aca adalah menghitung jumlah bulatannya lalu menulisnya di atas garam. Nantinya untuk mengetahui benar tidaknya, kartu nya tinggal dibalik saja. Yuk, mari kita mulai.


kartu nya bisa bulatan, garis, atau apa aja buat dihitung Aca. Kebetulan sedang belajar sabar menghitung angka 11 sampai 20. Aca masih suka kecepetan kalau berhitung jadi sering kelewatan.

pertama, kenalam dulu sama garamnya...bisa digambar bentuk geometri. ini Aca sedang bikin lingkaran.

seeprti biasa tulis nama dulu dong..

dihitung satu-satu Ca. Pelan-pelan saja..


tulis angka sesuai jumlah bulatan yang tadi sudah dihitung


seneng melihatnya mau sabar gini. Sambil tertawa senang dan geli hihihi...

Alhamdulillaah, jawabannya Aca benar. Pinter...

Beginilah cara kami belajar. Menulis, membaca, berhitung, bahkan sains. Dengan melakukan permainan yang menyenangkan. Mungkin Aca tidak akan secepat yang lain dalam urusan membaca menulis dan berhitung, tapi aku yakin dia akan sangat menyukainya sampai dia dewasa nanti karena tahu setiap proses belajarnya adalah dengan cara yang membuatnya gembira.



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share