Sunday, April 19, 2015

Crayon Resist Art

Melukis selalu menjadi penyelamat saat aku sedang tidak punya ide play n learn ataupun sedang sibuk banget sampai tidak sempat mempersiapkan aktivitas untuk Aca. Melukis selalu menyenangkan baginya. Hanya perlu divariasikan saja untuk membantunya mengeksplor imajinasi dan kreatifitasnya.

Pagi ini, kami melukis menggunakan crayon dan cat air. Lumayan untuk membuat Aca anteng agak lama hehehe...
 
Materialnya...

pertama, gambar di kertas menggunakan crayon berwarna putih. Aca berkolaborasi dengan uminya kali ini. Karena warnanya putih jadi Aca tidak terlalu bersemangat menggambarnya sih..

Setelah selesai menggambar dengan crayon, warnai bidang gambarnya dengan cat air

Tunggu kering, dan inilah hasilnyaaa


Aca bisa dibilang tidak terlalu bersemangat dalam melukis kali ini. Tapi bisa anteng lama lho..tahu kenapa ?

Ternyata Aca bereksperimen mencampur warna sendiri sesukanya. 'Mau warna coklat'. Dan jadilah dia asyik nuang-nuang cat (yang cuma punya tiga warna itu) ke dalam piring plastiknya sampai muncul warna coklat yang dia inginkan.

Lalu kemudian dia menemukan fakta (ceilah bahasanya...) kalau cat airnya bisa muncul gelembung udara kalau diaduk dengan cara tertentu. Yang ini uminya gak merhatiin deh. Tapi dia teriak-teriak setiap berhasil membuat gelembung udara besar di cat air coklat itu.

Oke deh..sepertinya inilah hasil dari kami sering melakukan eksperimen sains bersama. Proud of you kiddo....!




Saturday, April 18, 2015

Eksperimen Sains : Fungsi Kulit Buah

Pagi tadi kami melakukan eksperimen sains dadakan. Tidak direncanakan sebelumnya karena kebetulan pas membuka kulkas ada dua buah jeruk nipis milik uti dan langsung kepikiran untuk meminjamnya sebentar buat bereksperimen bersama Aca.

Dari Buku Yuk Main Sains dengan Biji dan Buah, mari kita belajar tentang Fungsi Kulit Buah.


  Material : Toples berisi air, dua buah jeruk nipis (satu masih utuh, sedangkan yang satu diiris)
 

Thursday, April 16, 2015

Mimpi-Mimpi Istimewa untuk “Casa Elana for IHB Blog Post Challenge”



Orang-orang yang dekat denganku pasti tahu kalau aku punya banyak mimpi. Bahkan orang-orang spesial di hidupku tahu beberapa mimpi istimewaku yang sering aku bicarakan. Mimpi, selalu bisa membuatku bersemangat. Selalu bisa membuatku untuk bangkit berdiri saat aku kelelahan atau sedang terluka dan ingin menyerah. Ya, mimpi jugalah salah satu yang bisa membuatku seperti sekarang.

Dan, saat ada tantangan dari http://indonesian-hijabblogger.com untuk membuat blog post tentang 5 impian untuk 5 tahun ke depan, inilah saatnya bagiku untuk kembali mengingat mimpi-mimpi yang belum terwujud dan perjuangan untuk mewujudkannya. Dan inilah kelima mimpi istimewaku (diantara banyak mimpi yang lain). Mimpi yang bagi orang lain bisa jadi terdengar gila tapi aku yakin suatu saat pasti akan jadi nyata.

1. Menjadi muslimah yang  baik 
Ini mimpi terdekatku. Mimpi yang setiap hari aku usahakan untuk aku wujudkan. Belajar menjadi seorang muslimah yang baik. Yang dulu masih sering sholat di akhir waktu, yang masih malas tilawah, yang masih sok sibuk dengan urusan dunia. Itulah kenapa aku hampir dua bulan ini ikut One Day One Juz. Yang dulu selalu merasa tak mungkin untuk bisa ngaji setiap hari, tapi sekarang bahkan bisa tilawah satu juz setiap hari. Dan ternyata itu sangat menyenangkan dan membuat ketagihan.Membuat hati menjadi lebih tenang.
Muslim yang baik juga adalah orang yang selalu  belajar. Itulah sebabnya aku bergabung di beberapa komunitas yang selalu memberikan semangat untuk terus dan terus belajar. Ada Islamic Parenting Community, Institut Ibu Profesional, yang insyaAllah memberikan banyak sekali manfaat dan ilmu-ilmu baru. Untuk target pribadi, belajar disiplin untuk rajin puasa dan sholat malam. Belajar untuk selalu berprasangka baik kepada Allah.  Juga belajar  untuk bisa berpakaian syar'i dengan benar. Yang tidak melulu memakai celana panjang. Ah, inginku bisa istiqomah memakai baju terusan, gamis, atau rok setiap hari. Sedang membiasakan diri juga sih, sekalian mulai nyicil beli dress dan gamis sedikit demi sedikit hihihi...apalagi kalau ngeliat di http://www.casaelana-shop.com, koleksi dress-dresnya nya cantik semua. Jadi pengeeen. Semoga bisa kesampaian punya koleksinya. Amiiin.

2. Pelangiku Handmade
Pelangiku Handmade adalah brand yang aku rintis bersama seorang teman. Kami membuat beberapa macam disain untuk personalized notebook, label, invitation, serta beberapa customized stuff. Kebanyakan produk buat anak-anak karena semakin lama aku semakin tahu kalau 'jiwa' ku disitu. Dunia anak-anak. Selama ini untuk pemasaran masih kami lakukan dari mulut ke mulut dari teman-teman yang sudah pernah order. Tapi semoga ke depan bisa makin rapi, terorganisir, profesional, dan makin laris. Sebenarnya dalam waktu dekat ini, Pelangiku Handmade juga akan menyediakan material untuk membuat prakarya seperti pipe cleaners, pompom, beads dan banyak lagi, menyediakan mainan edukatif handmade seperti paket sensory box, homemade playdough, dan mainan-mainan seru yang pastinya bisa melatih kemampuan motorik, kognitif, sensorik anak, serta berbagai macam pilihan paket bingkisan atau kado untuk acara-acara istimewa. Sekarang dalam tahap mengumpulkan materi serta membuat akun sosial media untuk memudahkan menemukan kami.  Doakan biar cepet beres persiapannya yaaa..

Kolam Huruf



Main air dengan cara yang sedikit berbeda. Yup, inilah saat kami main air dengan sedikit air hehe...Sebenarnya ini cuma permainan sederhana kok. Cuma memancing biasa. Tapi kali ini aku modifikasi menggunakan huruf magnet sebagai ganti ikan. Biasanya kan Aca memancing ikan kertas.


Menggunakan printable hewan yang dulu sudah pernah dimainkan, aku tempelkan di loyang dengan menggunakan double tape. Untuk kolamnya aku memakai wadah bulat yang diisi dengan huruf dan angka magnetic serta banyak waterbeads biar makin seru. Alat pancingnya dari sedotan dan magnet bulat aja. Yang gampang bikinnya.

Bermain dengan Telur Plastik

Alhamdulillah, Aca dapat kiriman telur plastik. Telur plastik ini bisa dibuka tutup dan berisi macam-macam hewan kecil dari karet. Ada ulat, cacing, kelabang, dan benda-benda kecil yang menurutku menjijikkan hehe..Jadi sebelum Aca mengetahuinya, aku keluarkan isinya biar bisa dimainkan tanpa isi. Nah..nyari ide permainan dari instagram, dan beginilah cara kami memainkannya.

Material yang digunakan : telur plastik, masking tape (selotip kertas), lem, kertas yang sudah aku tuliskan beberapa kata sederhana untuk latihan membaca Aca. Setiap kata terdiri dari dua buah. Yang satu untuk digunting atau dipotong kecil-kecil, sedangkan yang lain ditulis diatas kertas lebar untuk ditempel.



Cara mainnya, kata-kata yang telah dipotong kecil, dimasukkan ke dalam telur plastiknya. Aku selotip telurnya agar Aca agak lebih susah untuk membukanya. Sebenarnya tidak perlu di selotip juga tidak apa-apa sih, tapi aku memang sengaja untuk menambahkan tingkat kesulitan untuk Aca. Sekalian untuk melatih motorik halusnya.

Setelah mengambil satu buah telur, Aca harus membuka selotip yang mengelilingi telurnya. Agak susah sedikit Ca. Ayo berusaha...

Setelah dibuka, Aca harus membaca potongan kertas yang ada didalam telur tadi. masih butuh bantuan untuk urusan membaca ini. Tapi dia berusaha banget untuk bisa membaca sendiri. Pinteeer.

Setelah dibaca, beri lem di baliknya biar bisa ditempel di kertas besar yang berisi kata-kata yang sama.

Kata yang ditemukan harus ditempel di atas kata yang sama di kertas besar. Lagi-lagi Aca harus belajar membaca kaan? hihihi...

Dan inilah hasilnya. Good Job kiddo !!!. Telur plastik ini bisa digunakan untuk bermacam-macam ide bermain dan belajar. Besok-besok kita main lagi deh..










Friday, April 3, 2015

Simple Magnet Track

Nemu file foto lama yang belum diposting. Terus inget dulu ada temen yang pernah tanya cara membuat magnet track ini, ya sudah diceritakan sekarang yuuk..

Dapat ide ini dari akun instagram keren milik mbak clefy. Bikin mainan ini untuk memanfaatkan tempelan magnet bulat yang sudah lama nganggur. Juga karena sempat galau karena kelakuan Aca yang setiap menulis huruf A suka iseng jadi bentuk segitiga. Entah karena belum mengerti atau memang sengaja. Yang jelas setiap diingatkan kalau huruf A itu garis mendatarnya di tengah bukan di bawah, jawabnya selalu bilang bagus gini, segitiga. Nahhh...(mesti minum pil sabar kan?).


Thursday, April 2, 2015

Milad 5 Tahun Aca

Ulang Tahunnya Aca sudah tanggal 6 Maret kemaren. Kenapa ceritanya baru sekarang yah? hehe... bulan Maret yang baru saja selesai kemarin adalah bulan yang benar-benar hectic banget bagi kami. Jadi mau nulis cerita yang agak panjang di blog saja rasanya susaaah banget menemukan waktu yang tepat. Dan juga, di hari ulang tahunnya kemarin Aca malah sakit seminggu, sembuh sebentar eh sakit lagi. Perlu bolak-balik ke dokter dan menemaninya saat lagi rewel banget.

Ulang tahun Aca yang ke lima kemarin, seperti biasa tidak ada acara khusus yang heboh dan ramai. Cuma meneruskan kebiasaan untuk berbagi bingkisan kecil kepada teman-temannya di sekolah. Bukan sok ingin merayakan ulang tahun atau apa (apalagi karena di sekolahnya Aca juga dilarang ada perayaan ulang tahun serta potong kue dan tiup lilin), tapi hanya ingin berbagi sesuatu dengan teman-teman sekelasnya. dan umi nya ini mau berterima kasih kepada semua teman-temannya yang selama ini sudah baiiiik banget sama Aca. Baiknya sampai kebengeten deh. Maksudnya, aku pikir, berteman dengan Aca itu butuh kesabaran ekstra lho. Kenapa? Aca kan anaknya super usil. Aku ingat dulu awal-awal masuk sekolah, betapa sering dapat laporan dari gurunya Aca yang bikin nangis temannya karena tiba-tiba menyiram air, mendorong, menjawil, melempar sesuatu sambil ketawa ketiwi. Yang paling parah adalah pernah temannya sampai keningnya dijahit gara-gara dilempar balok sama Aca.

Share