Pages

Saturday, April 18, 2015

Eksperimen Sains : Fungsi Kulit Buah

Pagi tadi kami melakukan eksperimen sains dadakan. Tidak direncanakan sebelumnya karena kebetulan pas membuka kulkas ada dua buah jeruk nipis milik uti dan langsung kepikiran untuk meminjamnya sebentar buat bereksperimen bersama Aca.

Dari Buku Yuk Main Sains dengan Biji dan Buah, mari kita belajar tentang Fungsi Kulit Buah.


  Material : Toples berisi air, dua buah jeruk nipis (satu masih utuh, sedangkan yang satu diiris)
 

 Letakkan jeruk nipisnya ke dalam air


Kita akan lihat kalau jeruk yang tenggelam adalah jeruk irisan. Walaupun lebih kecil dan sedikit, tapi ternyata irisan jeruk lebih berat lho...


Bagaimana bisa begitu? Irisan jeruk tenggelam karena daging buahnya menyerap air sehingga lama-kelamaan menjadi berat. Sebaliknya jeruk utuh tetap terapung karena tidak ada air yang masuk ke dalam daging buah. Kebanyakan kulit buah kedap air. Fungsinya adalah untuk melindungi buah dari keadaan luar selama proses pertumbuhan di pohon.


Untuk Aca, awalnya tentu saja aku tanya dulu tentang terapung dan tenggelam. Mengingatkannya kembali tentang benda yang kalau berat akan tenggelam dan kalau ringan akan mengapung. Kira-kira jeruk yang mana yang akan mengapung dan tenggelam, baru kemudian dicoba untuk mengetahui jawabannya. Dengan begini dia akan lebih mengerti.


1 comment:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share