Pages

Friday, July 24, 2015

Bermain dan Belajar dengan Pattern Block

Kalau ada mainan yang hampir setiap hari dimainkan Aca adalah mainan balok, lego dan sejenisnya. Bisa main anteng lama atau cuma beberapa menit saja, tapi setiap dia melihatnya, pasti langsung dimainkan. Termasuk mainan yang satu ini. Pattern Block.



Belinya sekitar dua bulan yang lalu. Uminya yang naksir sebenarnya hehehe... Mirip seperti tangram dari bentuk dan cara memainkannya. Aku membelinya di @anakpintar.edutoys. Pattern block ini dalam satu set ada sekitar 120 an pattern shape dan 43 lembar pattern card yang berbentuk buku dengan kertas tebal dan berlaminasi. Kalau dari keterngan di kemasannya, manfaat mainan ini adalah :
- bermain peran
- melatih kemampuan bahasa (saat memperagakan bentuk apa yang sedang dipegang/dikerjakan)
- melatih kesabaran
- meningkatkan ketrampilan motorik halus.

Pertama kalinya Aca memainkannya, tidak sukses sama sekali. Aca kesulitan meniru contoh gambar di cardnya. Belum lagi dia tidak sabar saat bentuk-bentuk yang sudah dibuat mudah bergeser. Akhirnya dia malah tidak mau main lagi. 

 bikin macam-macam bentuk sesuai pattern cards

Karena sayang banget padahal uminya sudah terlanjur jatuh hati pada mainan ini, aku mencoba membelikannya pattern picture cards yang bentuknya besar dan sama ukuran dengan pattern shapenya. Jadi Aca hanya memasang di gambarnya aja shape yang sesuai. Pattern picture cards sebenarnya untuk umur 2 tahunan, tapi tidak apalah. Karena Aca juga baru pertama kali main ini.

ini menggunakan pattern picture cards

Hasilnya, awalnya Aca sangat tertarik dengan picture cards yang colorful, lucu, dan bagus gambarnya. Tapi lagi-lagi dia cepat bosan. Sepertinya ganti  terlalu mudah untuknya.

Kata Aca ini menara yang ada jam diatasnya. Lihatlah detil jam nya.

Tapi setelah itu, anehnya Aca malah suka sekali main pattern block nya. Kadang pakai picture cards, tapi lebih sering menggunakan buku nya. Bahkan semakin lama, Aca sering menciptakan bentuk-bentuk sendiri tanpa contoh apapun. bentuk-bentuknya ajaib dan sering membuatku takjub dengan imajinasinya. yang penting juga, Aca makin sabar dalam memainkannya. Tidak terlalu sering marah-marah saat bentuknya tidak pas, atau saat shapenya bergeser.

 Ada sungai, rumah, rumput, batu-batuan..imajinasi Aca yang lain

Sampai sekarang, pattern block ini jadi andalan saat main bebasnya Aca. Mainan ini awet, tidak gampang rusak, ada box penyimpanan, dan yang jelas worth to buy banget.



2 comments:

  1. Wih lucu banget, saya jadi pengen cobain ^^

    ReplyDelete
  2. kira-kira permainan ini cocok untuk anak usia berapa ya? anakku 2,5 tahun

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share