Pages

Tuesday, November 3, 2015

Surat Cinta untuk Aca

Beberapa waktu lalu aku harus keluar kota selama beberapa hari untuk mengikuti pelatihan. Artinya, harus meninggalkan Aca selama itu. Waah, harus memutar otak untuk menyiapkan sesuatu agar Aca tidak terlalu merasa kehilangan, juga untuk membuat Aca tetap bermain dan belajar meskipun tidak ada aku untuk menemaninya.

Jadi, sebelum pergi aku sudah menyiapkan satu aktivitas untuk setiap harinya. Tiap aktivitas aku masukkan ke dalam sebuah amplop coklat besar yang sudah aku tulis nomor untuk satu hari. Tiap aktivitas berbeda tema dan kegiatan agar Aca tidak bosan. Selain itu, aku juga menyiapkan sebuah surat untuk setiap harinya. Pesan bahwa uminya harus pergi bekerja beberapa hari, bahwa Aca harus sabar menungguku pulang, dan Aca yang harus tetap belajar, juga bahwa walaupun harus pergi, serta uminya yang  tetap sangat menyayanginya.

Satu amplop untuk satu hari. Ada lima amplop untuk lima hari.


Hari pertama, satu buah buku stiker yang bisa dilepas tempel berulang-ulang. Walaupun menggunakan bahasa inggris, tapi buku ini kalimatnya sedikit dan banyak halaman kosong untuk memudahkan anak membuat cerita sendiri sambil menempel stiker karakter-karakter mobil. Tak lupa aku membuat sebuah surat singkat untuk Aca agar bisa dibacakan tantenya.

Hari kedua. Selain surat cinta ala ala yang bilang bahwa aku sangat merindukannya, sudah aku siapkan printable tentang alat-alat pertukangan dan worksheet Handy Manny. Juga ada tools set yang bisa dimainkan olehnya untuk pretend play jadi tukang reparasi. 

Hari ketiga, printable tentang pemadam kebakaran dan sebuah sound book dengan tema yang sama. Buku baru yang sengaja aku simpen lama agar Aca excited. Bukunya seru, bahasa inggris, tapi ada tombol yang kalau dipencet bisa berbunyi sirine pemadam kebakaran. Gambarnya cerah dengan kalimat pendek-pendek. Printablenya aku gabungkan dengan stiker bulat rainbow.

Hari keempat, Angry Bird. Salah satu favoritnya Aca. Printable yang variatif mulai tracing, mewarnai, sampai belajar membaca. Semoga Aca sukaaa...

Hari kelima, buku Kisah Kota Kita. Buku super keren yang dilengkapi dengan banyak wayang sesuai cerita di buku tersebut. Ditambah surat yang bilang kalau besok uminya pulang.
.

Setiap hari setiap pulang sekolah, Aca boleh mengambil satu amplop dan membuka isinya, minta dibacain surat, serta melakukan aktivitas sesuai isi amplopnya.

Dan setiap dikirimi fotonya Aca saat sedang melakukan semua yang sudah aku siapkan, atau celotehan hebohnya setiap aku telepon untuk cerita amplopnya yang sudah dia buka dan kerjakan itu rasanya sungguh luar biasa. Jadi ingin cepat pulang setiap harinya hehehe...








No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share