Friday, January 22, 2016

Cooking With Aca : Roti Goreng Isi Coklat

Mau tahu serunya bikin kue tapi dibantuin Aca? ini dia ceritanya hehe..
Awalnya Aca penasaran dengan yang namanya timbangan tepung yang baru dilihat olehnya. Apa ini umi? Buat apa?  jadi, sekalian aja dijelaskan sambil praktek menimbang bahan. Dan sekalian juga bikin kue.


Kami membuat roti goreng isi coklat. Pakai resepnya mbak @ardiyantiu yang gampang dan cocok banget untuk dibuat bersama anak-anak. Aca juga semangat banget lho mengikuti prosesnya dari awal sampai akhir dan menghabiskan rotinya hahaha...



Bahan-Bahan :
220 gr tepung terigu
2 sdm maizena
1/2 sdt garam
1 sdt ragi
2 sdm susu kental manis
1 sdm margarin
125 air

Bahan isian :
50 gr Coklat blok. Potong-potong

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan, aduk rata dengan sendok. Aduk rata dengan tangan sebentar.
2. Bagi adonan dengan menjadi 10 bagian. Pipihkan dan isi dengan coklat. Bulatkan. Diamkan sekitar 15 sampai 25 menit.
3. Goreng dengan api kecil sampai kuning kecoklatan.


Pertama, belajar menimbang tepung. Aca belajar untuk membaca angka ratusan di timbangan. Memasukkan tepung secara perlahan agar angkanya tepat. Juga mengurangi bahan bila terlalu banyak.


Kemudian menambah bahan-bahan seperti di resep dan mengaduknya. Tentu saja yang paling seru adalah saat membuat bulatan-bulatan rotinya. Coklatnya dicomotin melulu. Tapi ajaibnya, dia telaten sekali bikin bulatan rotinya. Ah, pinternya Acaa..

Roti goreng ini jadi resep andalan di rumah. Yang sering direquest untuk dibikin bareng sama Aca. Boleh dicoba lho teman-teman..Enak banget.




Friday, January 15, 2016

Ikan Kertas Berenang

Ini adalah eksperimen sederhana tapi seru sekali. Dan yang terpenting, anak-anak bersenang-senang. Semua materialnya adalah baha-bahan yang ada di rumah lho. Jadi bisa dibuat kapan saja. 


Langkah pertama adalah membuat gambar ikan dari kertas. Aku menggunakan kertas concorde 220 gr agar cukup tebal dan tidak terlalu mudah menyerap air dengan cepat. Anak-anak bisa bebas menggambar ikan sesuai keinginan mereka. Warnai agar lebih bagus.

Setelah ikannya selesai, siapkan sabun cair, lidi, dan air dalam wadah plastik. Aku menggunakan wadah kecil transparan untuk tempat ikan kertasnya berenang.

Olesi bagian ekor ikan dengan sabun cair menggunakan lidi. Secukupnya saja, tidak membutuhkan banyak sabun kok hehehe...

Siapkan wadah berisi air. Letakkan ikan di ujungnya dan taraa....ikan kertasnya akan berenang sendiri lho...

Berkali-kali Aca mengulang permainan ini. Seru sekali ikan-ikannya melaju sendiri di atas air. Yuk, dicoba di rumah ^_^









Thursday, January 14, 2016

Bagaimana Rasanya Memegang Salju?

Sudah lama Aca punya buku Butiran Salju. Sejak bayi sering aku bacakan buku ini. Buku yang sederhana dan bagus. Bercerita tentang turunnya salju yang dingin. Saat mempunyai salju instant, langsung deh semangat mengajak main Aca agar lebih paham lagi tentang cerita di buku.


Salju instant ini awalnya berupa bubuk putih. Untuk menggunakannya, cukup menuangkan air es ke bubuk tersebut, dan akan mengembang sendiri. Ajaib banget. Karena kami semua juga belum pernah bertemu dengan salju asli, jadi belum bisa bilang juga apakah salju instant ini benar-benar mirip salju atau bukan. Jadi anggap saja begitu ya hehehe...

2015, Penuh Warna dan Cerita





Kalau ditanya best moment di tahun 2015 lalu, malah jadi bingung jawabnya. Hmm...diriku ini apalah..hanya seseorang yang setiap harinya selalu bisa ditebak kegiatannya.  Hanya sekitar kegiatan di rumah, di tempat kerja, atau beberapa kegiatan di sekolahnya Aca. Sisanya  kegiatan jalan-jalan, liburan atau acara keluarga yang gak sering-sering amat hihihi.

Tidak seperti yang lain yang saat melihat Best Momentnya.. Hebat-hebat euy...Berkarya ini itu, mendapat penghargaan ini itu, bepergian di tempat-tempat baru, dan banyaak lagi yang bikin merinding. Pengeen juga seperti itu..

Kalau uminya Aca ini, tahun 2015 adalah tahun penuh dengan hal baru. Yup, tahun inilah banyak sekali aku mempunyai pengalaman yang sebelumnya tidak pernah terpikir akan terjadi padaku. Walaupun tidak sehebat yang lain, tapi sungguh sangat berharga untukku. Sebabnya adalah tiga hal di bawah ini. 
Share