Tuesday, November 20, 2018

Kenapa Harus Menulis Blog (lagi)?


Bismillahirrahmanirrahim

Hari ini adalah hari pertama dimulainya tantangan menulis di blog selama 30 hari yang diselenggarakan Blogger Perempuan Network. Bisakah aku selama 30 hari ke depan terus menulis? Sedangkan aku tahu, banyak sekali alasan untuk berhenti menulis di sini. Tapi kemudian aku sadar, aku tidak bisa terus menerus kalah dengan berbagai alasan yang kubuat sendiri. Aku ingatkan diriku sendiri, untuk apa dulu aku menulis di sini. 

Blog ini kubuat sejak tahun 2013. Lima tahun lalu. Saat itu aku ingin mendokumentasikan kegiatanku bersama Aca sehari-hari. Karena biasanya kami suka bermain dan belajar di rumah, aku buatlah blog ini untuk menyimpan foto, cerita, dan file printable yang aku gunakan. Di tahun-tahun pertama memang kebanyakan blog postnya semua tentang Aca. Menulis di blog juga sangat membantu dalam menaikkan semangat membuat kegiatan untuk Aca. Aku jadi terpacu untuk mencari bahan permainan, jenis pelajaran, dan aktivitas seru yang bisa kami lakukan. 

Tidak ada maksud untuk pamer atau gaya-gayaan. Orang-orang di sekitarku malah banyak yang tidak tahu aku mempunyai blog ini. Tapi ternyata, aku mengetahui kalau ada orang-orang yang bisa terbantu hanya karena sebuah tulisanku di blog. Link printable bisa memudahkan teman-teman untuk mengunduhnya juga. Beberapa permainan juga sering dicontoh untuk dimainkan bersama anak-anak di rumah mereka. Bahagiaaa....

Dari awal, aku ingin blog ini bisa jadi hadiah buat Aca nanti. Jadi semacam buku harian kami berdua yang bisa dia baca kelak bahkan sampai dia dewasa. Pasti ada, meskipun sedikit, kenangan yang membekas untuknya saat dia membaca semua postingan di sini. Saat-saat Aca kecil main air, main cat, main tanah, main bola, dan banyak hal. Pasti ada, meskipun sedikit, yang bisa membuatnya merasakan betapa aku sangat mencintainya. Bahkan saat aku tidak hidup lagi di dunia. Bagaimana aku membersamainya bermain, menyiapkan alat dan bahan untuk play & learn serta  menceritakannya kembali di sini.


Sekarang, ketika aku kembali diingatkan tentang niat awalku menulis blog ini, aku seperti tertampar. Blog ini adalah catatan perjalananku dan Aca. Seorang ibu dan anak lelakinya. Meskipun ada saat-saat dimana kami sedang tidak bisa bersama, tidak bisa melakukan banyak hal berdua, bukan berarti tidak ada yang bisa kuceritakan untuknya kan? Tidak seharusnya aku berhenti menulis. Tidak seharusnya aku berhenti percaya. Kelak Aca akan membaca semua tulisan di sini. Tentangnya. Tentang Ibunya. Tentang cerita-cerita kehidupan kami yang berwarna. 

Aku percaya, tulisan-tulisan ini akan menemukan jalan menuju Aca. Untuk mengirimkan segenap cintaku padanya. 

Iya, aku siap menulis lagi.

No comments:

Post a Comment

Share