Thursday, September 10, 2020

SEDEKAH ILMU ALA YUK MAIN

 


Suatu hari, Mba Dini berkata padaku ingin mengadakan kegiatan sedekah ilmu di grup Teman Yuk Main. Teman Yuk Main adalah sebutan kami kepada para orang tua dan peserta playdate Yuk Main selama ini.  Ada sekitar 150 orang tua yang tergabung dalam grup WhatsApp. Sejak pandemi melanda, kegiatan Yuk Main otomatis berhenti. Tidak ada lagi playdate yang biasanya rutin kami adakan setiap bulan. 

Selama ini, relawan Yuk Main memang mengadakan beberapa kegiatan daring untuk mengisi waktu kosong. Mulai dari challenge mingguan dengan beragam tema di grup WhatsApp, kuliah WhatsApp untuk para orang tua, sampai playdate virtual yang menghadirkan mba Ridha yang tengah kuliah di Italia. Memang tidak bisa menyamai serunya playdate betulan ketika kami bisa menyanyi, main sains, games, dan membuat kerajinan tangan betulan di taman, tapi setidaknya bisa sedikit membuat rindu terobati.

Bulan September ini, Mba Dini mengusulkan kegiatan Sedekah Ilmu. Berbagi ilmu yang dimiliki. Teknisnya, bagi orang tua yang mempunyai ilmu, keahlian, atau kemampuan dalam bidang apapun bisa dibagikan ke para anggota Teman Yuk Main yang lain. Sedekah Ilmu ini nantinya akan diadakan secara daring. Bisa melalui aplikasi zoom meeting, google meet, atau aplikasi lain yang sesuai dengan materi yang dibawakan.  Awalnya aku sangat ragu ketika menawarkan kegiatan  sedekah ilmu kepada mereka, apa ada yang berminat? Apa ada yang rela merepotkan diri untuk “mengajar” dan “berbagi” kepada orang lain tanpa dibayar?

Tapi kemudian, setelah kami membagi informasi tersebut ke grup, aku sangat takjub dengan antusias mereka. Tidak kusangka kalau banyak yang bersedia mengikuti Sedekah Ilmu. Ada yang mau berbagi ilmunya tentang bagaimana mempercantik feed instagram, belajar bahasa Korea, memasak, pengalaman hidup minim sampah, dan lain-lain. Alhamdulillah.

Yang membuatku terharu lagi adalah, saat kami menghubungi para peserta sedekah ilmu. Betapa mereka yang meskipun dengan terus terang bilang tidak pernah melakukannya, belum menyiapkan materi, tapi semangatnya luar biasa. Tak segan untuk bertanya ini itu tentang jalannya  sedekah ilmu nanti dan meminta waktu agar bisa menyiapkannya dengan sebaik mungkin.

Pemateri  sedekah ilmu sesi pertama kami adalah Mas Faiz. Beliau ini teman lamanya Yuk Main karena dulu sering berkolaborasi di beberapa event sosial. Mas Faiz akan berbagi cara penggunaan aplikasi HP untuk membuat konten video sederhana. Materi yang penting sekali menurut kami saat sekolah dari rumah seperti sekarang. Bisa digunakan untuk dokumentasi kegiatan anak-anak, tugas sekolah, dan challenge Yuk Main tentunya. Walaupun sedekah, tapi  orang-orang ini menyiapkannya dengan sepenuh hati. Mas Faiz misalnya. Jauh-jauh hari sudah bertanya padaku tentang materi, slide yang cocok, karakter para peserta dan apa saja yang harus disiapkan. Lagi-lagi aku belajar banyak dari orang-orang seperti Mas Faiz ini. Yang ringan dalam memberi dan berbagi dengan apapun yang dimiliki. Ilmu misalnya. Bukankah ilmu yang bermanfaat itu adalah ilmu yang dibagi? 

 

#OneDayOnePost

#ODOP

#day4

No comments:

Post a Comment

Share