Saturday, October 17, 2020

CAKE TAPE PANDAN KEJU

 


Hai haii…kembali lagi di sabtu resep seru. Hari Sabtu khusus kudedikasikan untuk share resep ya. Siapa tahu di akhir pekan seperti ini ada yang tertarik untuk mencobanya. Bahkan bisa kujadikan referensi untuk membuatnya lagi, karena biasanya postingan resep minggu ini berarti aku membuatnya sudah di minggu lalu.

Minggu lalu aku membuat cake tape keju karena kebetulan sedang ada banyak tape singkong di rumah. Tape singkong akan awet di kulkas kalau dimakan begitu saja. Agar cepat habis, di rumahku biasanya dibuat campuran kolak pisang, dibuat wedang tape, dan kalau aku sedang rajin, akan kubuat aneka cemilan dari tape.

Cemilan dari tape singkong yang pernah kubuat diantaranya adalah gabin tape, bola tape cokelat, dan pangsit goreng isi tape. Minggu lalu aku sedang  ingin makan cake, jadi kubuatlah cake tape keju. Dan karena sedang suka aroma pandan dan warna hijau, kubuatlah versi  pandan cake.

Tips membuat cake tape adalah, pastikan tapenya sudah matang. Tapi pilih yang tidak berair ya, karena tape yang terlalu banyak mengandung air bisa menyebabkan kue menjadi bantat. Tape yang paling pas untuk cake adalah yang kesat dan manis. Tape yang sudah manis akan membuat pemakaian gula di adonan bisa dikurangi.

Sekarang, mari kita lihat resepnya yuk

Bahan-bahan :

225 gr margarin

225 gr gula halus (gula pasir kublender)

300 gr tape singkong, buang serat tengah dan haluskan dengan garpu

5 butir kuning telur

175 gr tepung terigu

5 butir putih telur

Pasta pandan secukupnya

Keju parut secukupnya

Chocochips secukupnya

 

Cara membuat :

Kocok margarin dan gula hingga mengembang dan putih. Turunkan kecepatan mixer lalu masukkan tape singkong, kocok lagi hingga rata. Tambahkan kuning telur satu persatu. Kocok hingga rata. Terakhir masukkan tepung secara bertahap. Kocok hingga semua tercampur rata. Sisihkan.

Kocok putih telur hingga kaku.

Masukkan adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur secara bertahap. Aduk perlahan hingga tercampur rata.

Tuang ke dalam loyang yang sudah dioles margarin dan ditaburi tepung.

Beri chocochips dan taburi keju parut di atasnya.

Panggang hingga matang.

 

#OneDayOnePost

#ODOP

#Day41

15 comments:

  1. Weh ternyata segampang itu ya mbak, aku pernah makan dikasih tetangga dan pengen lagi ternyata mbak share resepnya 😍😍😍

    ReplyDelete
  2. Wah.. . Aku biasanya gak terlalu suka tape, tapi pas baca tulisan mbaknya aku jafi penasaran. Itu panggangnya kira2 berapa menit sampai matang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalau nulis resep jarang pakai waktu karena bisa beda-beda tiap bikin. Apalagi aku hanya pakai otang mba. Sering-sering dicek aja. Tapi yang ini sekitar 35 menitan.

      Delete
  3. Wah, boleh jadi ide baru nih, makasi resepnya mbak :)

    ReplyDelete
  4. Awhhh jadi pengen eksekusiiii langsung

    ReplyDelete
  5. Uwaaa, menggoda banget. Jadi mau coba buat kue

    ReplyDelete
  6. kalau baca sepertinya gampang ya.
    Mesti dipraktekan nih

    ReplyDelete

Share