Sunday, October 18, 2020

EMPAT CARA MENGISI AKHIR PEKAN UNTUK SENIN YANG LEBIH SEMANGAT

 


Bagaimana akhir pekannya teman-teman? Semoga akhir pekannya menyenangkan dan siap untuk menghadapi minggu yang baru besok ya?

Nah, agar siap menghadapi hari-hari yang sibuk lagi besok, aku selalu memperlakukan akhir pekan dengan lebih istimewa agar seninku semangat. Caranya dengan istirahat  lebih lama dan tidak melakukan kegiatan yang terlalu menguras tenaga. Tapi pastikan untuk tidak rebahan sepanjang hari. Rebahan sepanjang hari malah akan membuat lemas dan tidak bersemangat. Akhir pekan bisa dimanfaatkan untuk sebanyak mungkin meluangkan waktu bersama keluarga. Main sama anak-anak lebih lama, mengunjungi orang tua, memasak masakan favorit keluarga, dan banyak lainnya.

Selain waktu untuk bersama keluarga, akhir pekan adalah waktu untuk melayani dan memperhatikan diri sendiri. Satu hal yang mungkin selama ini sering  kita abaikan di hari-hari biasa. Padahal penting sekali. Memperhatikan diri sendiri juga sebagai bentuk syukur kita karena tubuh, pikiran, dan hati kita sudah bekerja keras selama ini.

Kalau aku, setiap akhir pekan seperti ini, ada ritual khusus yang kupersembahkan untuk diriku sendiri. Tidak lama, tapi perlu untuk kulakukan karena membuatku bahagia. Apa saja itu?

Mengganti Suasana Baru

Cara paling sederhana dan mudah adalah dengan mengganti suasana rumah atau kamar. Untuk yang sering di dapur, mungkin bisa dilakukan dengan mengubah susunan perabot, menambah satu pot tanaman di sudut dapur, atau mengganti vas bunga di ruang tamu. Kalau aku,  setiap akhir pekan aku selalu mengganti sprei di kamar. Ini juga berlaku untuk mukena, sajadah dan handuk. Aku terbiasa mengganti semuanya di setiap hari minggu dengan yang bersih dan wangi. Kelihatan sepele, tapi efeknya luar biasa lho buat hati dan perasaan. Jadi jauh lebih menyenangkan.

Menempel Quotes Penyemangat

Aku menulis quotes dan kutempel di tempat yang mudah kulihat setiap harinya. Setiap hari minggu, sambil mengganti suasana kamar atau rumah, sekalian juga kuganti quotes lama dengan kalimat penyemangatku yang baru. Kalimat ini bisa apa aja, minggu ini aku malah menggunakan kalimat penyemangat ODOP yang sering kubaca setiap selesai mengisi form setoran laporan. Quotes ini juga seperti pengingatku untuk terus bersemangat di hari-hari ke depan.

Memanjakan Diri Sendiri

Tidak salah kok memanjakan diri sendiri. Bahkan penting agar kita tetap waras menjalani kehidupan yang keras hahaha.. Memanjakan diri sendiri versi aku adalah dengan mandi sedikit lebih lama. Luluran, maskeran, keramas, dan diakhiri dengan memakai pelembab badan dengan aroma kesukaanku. Percaya deh,  semua capek seminggu bisa hilang. Itulah mengapa rangkaian produk  bodycareku  awet, karena hanya kugunakan seminggu sekali. Kalau hari biasa mana sempat?

Melakukan Kegiatan Favorit

Seorang teman punya me time setiap akhir pekan dengan memberi waktu tiga jam untuk nonton drakor tanpa diganggu. Menurutku hal seperti itu sangat wajar. Tiga jam itu dia bisa mengisi kembali energinya. Kalau aku,  dengan tidak kemana-mana, minum secangkir kopi pahit panas, makan kue buatan sendiri, dan membaca buku ringan yang menghibur sudah cukup membuatku bahagia. Melakukan  hobi atau kegiatan favorit juga bisa merupakan stress release bagi banyak orang, terlebih bagi yang di hari-hari biasa sudah sangat sibuk. Jadi di akhir pekan seperti ini, luangkan waktu untuk melakukan hobimu ya. Jangan kerja terus! 

Empat cara di atas, selama ini cukup berhasil untuk membuatku lebih bersemangat di hari senin esoknya. Tentu saja cara tiap orang bisa berbeda.  Selalu temukan caramu sendiri untuk membahagiakan diri, untuk mengisi kembali energi yang terkuras habis seminggu kemarin, untuk menguatkan hati menghadapi minggu depan yang penuh tantangan dan cerita baru.

Bagaimana cara teman-teman ber me time di akhir pekan?  Sharing yuk!

 

#OneDayOnePost

#ODOP

#Day42

No comments:

Post a Comment

Share