Saturday, October 24, 2020

SIRUP MADU JAHE LEMON

 


Memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, kita butuh untuk makin menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit. Caraku adalah dengan semakin memperhatikan asupan makanan dan berolahraga secara teratur. Menjaga makanan memang lumayan susah, apalagi di musim hujan paling enak ngemil gorengan atau makan mie rebus. Hayo ngakuuu hahaha

Tapi agar tidak sering-sering khilaf keterusan makan tidak sehat-meskipun enak, aku harus makin rajin menyiapkan bahan makanan sehat di rumah. Bisa dengan membeli singkong, ubi, pisang untuk dijadikan cemilan sehat. Bisa dikukus, direbus, atau dipanggang.  InsyaAllah lebih sehat dan tetap enak.

Minumannya, banyak minum air putih ya. Sering-sering minum rimpang juga bagus untuk menjaga badan tetap hangat. Jahe, kunyit, sereh, pandan, adalah bahan yang wajib ada di rumah. Lumayan untuk mengganti ngopi atau ngeteh cantik di rumah.

Awal pekan kemarin, aku membuat sirup  madu, jahe, lemon yang sudah kumasukkan di kulkas. Ini adalah stock minuman sehat yang kusiapkan dan bisa kugunakan sewaktu-waktu jika kubutuhkan. Tinggal seduh air hangat atau kalau mau dingin, bisa ditambah air dan es batu. Enak dan kaya khasiat.

Sirup ini memadukan semua kebaikan madu, jahe dan lemon yang  baik untuk tubuh kita.  Diantaranya adalah membantu menangkal bakteri, meredakan nyeri,  meredakan batuk dan radang tenggorokan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mau ikut membuatnya juga? Ini dia bahan dan cara pembuatannya :

 

SIRUP MADU JAHE LEMON

Bahan-bahan :

2 buah lemon lokal, cuci bersih, iris tipis dan buang bijinya

4 ruas jahe, kupas, cuci bersih, iris tipis

Madu secukupnya (aku kemarin tidak menimbang madunya, jadi sesuaikan saja dengan gelas yang dipunya)

Cara Membuat :

Siapkan gelas kaca bersih yang ada tutupnya

Tata irisan lemon di dasar gelas

Masukkan irisan jahe di atas lemon

Lakukan selang seling sampai semua bahan habis

Tuang madu hingga seluruh bahan terendam

Tutup rapat dan masukkan kulkas

Boleh diaduk tiap dua hari sekali dengan sendok bersih.

Setelah seminggu, bisa digunakan untuk membuat campuran minuman hangat atau dingin.

 

Cara meminumnya adalah dengan mengambil dua sendok makan sirup dan mencampurnya dengan air panas atau dingin. Kalau mau ditambah rempah lain juga bisa. Biasanya aku menambahkan air rebusan sereh. Atau bisa juga dengan menambahkan daun mint untuk dijadikan minuman segar yang enak.

Kenapa harus menunggu seminggu? Ada yang bilang, seminggu adalah waktu fermentasi semua bahan-bahan di dalamnya. Jadi khasiatnya akan lebih terasa. Ada yang bilang,sirup ini adalah minuman probiotik.

Tapi karena aku tidak mengerti tentang fermentasi atau probiotik, berdasarkan pengalamanku selama ini, seminggu adalah waktu yang pas saat irisan lemon dan jahe sudah tercampur sempurna dengan madu. Satu minggu itu juga lemon akan mengeluarkan air alaminya sehingga rasanya makin sedap. Bahkan, irisan lemonnya tidak terasa asam lagi lho. Sudah lembut dan terasa manis jika dimakan begitu saja. Enaaak..

Jadi, mau mencoba mengganti teh manis hangat dengan sirup jahe madu lemon ini? Ditunggu cerita yang sudah mencobanya yaa

 

#OneDayOnePost

#ODOP

#Day48

No comments:

Post a Comment

Share