Wednesday, November 11, 2020

GRATITUDE JAR

 


Teman-teman, akan kuberitahu tentang sebuah rahasia. Tentang senjata superku. Yang selama ini menjadi sumber kekuatan Kapten Marvel dalam menyelamatkan dunia. Tapi sebelumnya, berjanjilah, bahwa setelah kalian mengetahui rahasia ini, kalian tidak boleh menceritakannya kepada orang lain sebelum kalian sendiri menguasai senjata tersebut

Kalimat pembuka yang lebay sekali yah hahaha…Malam ini aku memang mau bercerita tentang senjata superku selama ini. Meskipun bukan berwujud pedang, tombak, pistol atau panah. Lebih tepat ke mantra. Mantra ajaib. Aduuh, apalagi ini..

Oke oke..aku akan mulai serius. Ini memang semacam kekuatan superku. Dalam arti yang sesungguhnya. Setiap aku merasa sedih, terluka, lelah atau ingin menyerah, aku menggunakan sumber kekuatan itu dan kemudian, taraaa... dalam sekejap, aku merasa kuat lagi.

Sumber kekuatanku adalah sebuah tabung mika transparan kecil yang berisi kertas warna warni. Kertas tersebut berisi tulisan-tulisan penyemangat yang berfungsi seperti mantra ajaib bagiku. Tabung tersebut kuberi nama  Gratitude Jar atau Tabung Syukur. Ide awalnya dari melihat instastory mba @rimaolivia yang mengajak membuat gratitude jar seperti ini. Aku tertarik mencobanya dan beginilah caraku membuatnya :

Cara membuat isian gratitude jar adalah dengan menyiapkan kertas berwarna, kemudian menulis hal-hal di bawah ini :

1.       Kenangan Indah

Tulis 10 kenangan indah yang paling diingat selama hidup. Mulai dari kecil juga boleh. Sesuatu hal yang sangat membuatmu bahagia bahkan hanya dengan mengingatnya saja. Satu kertas berisi satu kenangan indah.

 

2.       Prestasi Membanggakan

Tulis prestasi atau pencapaianmu dari kecil sampai sekarang. AKu membuatnya menjadi 3 bagian yaitu umur 0 sampai 10 tahun, 10 sampai 20 tahun, 20 tahun sampai sekarang. Dalam satu kertas pencapaian bisa ditulis beberapa pencapaian yang diingat.

 

3.       Kegagalan dan Hikmah

Yang terakhir adalah menulis 10 kegagalan yang pernah dialami dan hikmah apa dibaliknya. Ini susah menurutku. Kita harus mengingat kegagalan atau kesedihan yang menyakitkan, tapi juga harus mengetahui  pelajaran apa yang didapat dari kegagalan tersebut. Karena semuanya tidak mungkin tidak ada pelajarannya.

 

Setelah menulis 3 tema tersebut, lipat-lipat kertas warnanya, beri judul di salah satu sisi luarnya, dan masukkan ke tabung. Itulah Tabung Syukur yang siap digunakan.

Bagaimana cara menggunakannya ?

Kapan saja saat kita butuh. Biasanya kalau aku sedang sedih aku akan mengambil kertas warna secara acak dan membacanya lagi. Tak peduli kertas warna apa yang kudapat, membaca satu demi satu kalimat yang tertulis di sana itu seperti menambah energi seketika.

Saat aku sangat lelah dan ingin menyerah, aku baca kertas yang bercerita tentang kegagalan. Aku ingat lagi bahwa dulu aku juga pernah gagal seperti sekarang, tapi aku seperti dipaksa melihat, bahwa kegagalan masa lalu tidak membuat hidupku berhenti. Bahwa juga selalu ada pelajaran dan hikmah di balik kegagalan tersbut. Biasanya, setelah membacanya, aku bisa kembali tenang dan lebih bersemangat.

Tabung Syukur memang mengingatkanku bahwa dalam setiap fase hidupku, ada banyak hal yang harus kusyukuri. Terkadang aku lupa untuk bersyukur saat dunia sedang tak ramah, atau banyak hal bekerja di luar kendaliku. Padahal Allah telah memberikan banyak sekali hal dalam hidupku  yang sering lupa disyukuri hanya karena ada sesuatu yang tidak seperti yang diinginkan.

Allah sendiri yang berjanji akan menambah nikmat ketika manusia sudah bersyukur.  Ini salah satu caraku untuk selalu ingat untuk bersyukur. Jadi mau sepertiku membuat senjata super? Bukan untuk menyelamatkan dunia sih. Itu besok-besok saja dilakukan hahaha..Sekarang senjata supernya digunakan untuk menyelamatkan diri sendiri dari keburukan karena tak pandai bersyukur.

 

#OneDayOnePost

#ODOP

#Day66

No comments:

Post a Comment

Share