REVIEW BUKU : YOU DO YOU

Judul : You Do You 
Penulis : Fellexandro Ruby 
Tahun : 2020 
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama 
Tebal : 256 halaman 
 
Buku self improvement pertama yang kubaca tahun ini. Dari awal sudah tertarik dengan judulnya sih. Tapi tidak berharap terlalu tinggi juga saat membacanya. Niatnya malah hanya untuk menyelesaikan tantangan Reading Challenge Odop. Tapi ternyata, buku ini menarik untuk dibaca. Aku yang biasanya suka lama membaca buku non fiksi jadi lumayan cepat menyelesaikannya. 
 
Buku You Do You  ini ada petunjuk penggunaan lho, bukankah berbeda dengan buku kebanyakan? Petunjuk pertama: Boleh membaca dari bagian manapun yang paling disukai. 
Petunjuk kedua : Ada tanda “Baca juga…” di setiap bab yang berkorelasi. Serasa baca di blog atau artikel online. 
Petunjuk ketiga : Disarankan untuk mengambil foto, mencatat, atau menandai bagian-bagian yang penting untukmu. 
Petunjuk keempat : Di setiap akhir bab, ada kode QR yang berisi link acuan materi. 
Petunjuk kelima : Belajar bahasa Inggris. Banyak bertebaran kalimat berbahasa Inggris di buku ini, tapi tidak ada terjemahannya. Kita harus cari tahu sendiri biar sekalian belajar. Good idea! 
 
Pada dasarnya buku ini mengajak kita, pembaca untuk memahami dan mengerti diri sendiri. Semakin bertambah usia, semakin pelik masalah yang dihadapi, semakin banyak pekerjaan yang harus diselesaikan tidak membuat seseorang menjadi lebih memahami diri sendiri. 
 
Paham diri, kenal diri, atau self awareness menjadi penting ketika kita berada dalam generasi yang mempunyai kebiasaan membandingkan. Membandingkan pencapaian orang lain seperti menjadi sebuah kegiatan tak sadar yang terus dilakukan, apalalgi ketika sosial media sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Apa saja yang perlu dipahami? Misalnya bagaimana cara kita belajar. Sudah tahu kan metode belajar VARK (Visual, Auditory, Read/Write, dan Kinesttetik). Atau tentang waktu pintar kita, waktu dimana kita benar-benar dalam performa terbaik kita, juga tentang nilai-nilai yang kita anut selama ini. Buku ini juga membahas tentang passion dan ikigai dengan bahasa yang mudah dimengerti.
 
Banyak hal yang dibahas dalam buku ini memang bukan hal yang baru bagiku. Tapi membaca buku ini membuatku berkali-kali mikir..”Iyaya..” “Benar juga” . Ada juga yang bikin ngerasa tertampar hehehe..Hal yang sudah lebih dulu kutahu ditulis dalam sisi lain yang lebih mengena bagiku. 
 
Jadi menurutku, buku ini penting dan layak untuk dibaca. Dipraktekkan juga lho. Ilustrasi yang menarik dan bahasa yang mudah dipahami, bahkan dengan banyaknya kalimat berbahasa Inggris, mempuat buku ini makin lengkap untuk genre self improvement. Baca juga yuk! 
 
#RCO10 
#OneDayOnePost 
#ReadingChallengeODOP10 
#AntiBookShaming 
#BacaBukuLegal

Post a Comment

0 Comments