Pages

Tuesday, December 3, 2013

Ayo Berhitung!

Akhir-akhir ini Aca sangat suka berhitung. Dia sering bicara sendiri mengurutkan angka dari angka satu sampai duapuluh. Juga sering menyebutkan angka-angka yang dia temui dimana aja. Makanya waktu main  fishing game yang berhubungan dengan angka dia suka sekali.

Seneng lho mengetahui Aca suka angka. Aku harap seterusnya dia akan begitu. Tidak membenci matematika (seperti aku ^_^).  Makanya aku juga semangat bikin Aca seneng terus menghitung. Tentunya dengan cara yang fun sambil bermain.

Seperti sore tadi, hasil ngeprint file printable dari picklebums, aku main hitung-hitungan sama Aca dan Fida. Ada 5 buah finger paper doll yang berbentuk daun. Aku pasangkan di jari-jari mereka berdua. Aku ajak mereka berhitung satu-satu. Kalau yang ini sih mudah ya, hitung angka 1 sampai 5 Aca juga sudah mahir, apalagi Fida. 




Seterusnya, aku tambah tingkat kesulitannya sedikit. Daun yang asalnya 5, aku ambil satu-satu (pakainya konsep daun tertiup angin sampai jatuh), dan anak-anak harus menghitung sisa daun yang masih ada di jari mereka. Belajar pengurangan nih istilahnya hehe..Tapi mereka kan tidak merasa kalau sudah belajar. Aca seneng-seneng saja menghitung setiap daun yang berkurang tuh. Habis itu dimainin deh daun-daunannya..





 Eh iya, cara lain yang aku pakai sama Aca untuk belajar angka yaitu lampu lalu lintas atau traffic light. 

 gambar dari sini


Begini, setiap pergi sama Aca naik motor berdua dan nemu lampu lalu lintas yang berwarna merah (karena bisa berhenti) yang ada angkanya, aku ijinkan Aca berdiri selama kami menunggu lampu hijau. Biasanya kami berhitung sama-sama angka-angka yang ada diatas traffic light. Agak-agak lebay sih, apalagi mesti diliatin orang-orang yang berhenti di sebelah kami, tapi kita seneng lho, Aca juga seneng sekali menghitung mundurnya. Dan kalau lampu sudah hijau, makin kerasa hebohnya hehe...

Jadi ayo berhitung Ca!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share