Pages

Friday, December 6, 2013

Bunga Jambu Air

Pernah lihat bunga jambu air? Dulu, waktu kecil, ketika masih tinggal di desa, sering main gasing-gasingan dengan bunga jambu air bersama teman-teman.Yup, bunganya yang rontok ke tanah sebelum jadi buah bisa diputar seperti gasing. Cara mainnya dulu adalah masing-masing anak memutar bunga jambu itu secara bersamaan kemudian yang jadi pemenangnya adalah yang bunga jambunya berputar paling lama. Permainan sederhana tapi menyenangkan.

Nah, pagi tadi, aku ada keperluan di kantor. Karena lama nunggu kantornya buka, iseng aku jalan-jalan di sekitar kantor dan menemukan banyak bunga pohon jambu yang jatuh di tanah. Jadi teringat masa lalu nih ceritanya. Aku kumpulin beberapa bunganya. Siapa tahu Aca mau main.


Setelah bangun tidur siang, sebelum berangkat terapi, aku ajak main dengan bunga jambu ini. Bagian tengahnya di kasih lidi atau tusuk sate ayam. Siap digunakan.
Caranya, lidi di tengahnya di pegang terus diputar sambil di lepaskan di lantai. Nanti bisa berputar seperti gasing. Aca seneng lho lihatnya. Baru tahu dia kalau ada permainan 'ajaib' gitu hehe
Setelah melihatku memainkannya, giliran Aca dan Fida yang mencoba main. Agak susah ternyata buat anak-anak kalau pertama kali nyoba. Tapi Fida beberapa kali latihan sudah mahir, sedangkan Aca masih belum bisa. Permainan ini bisa buat melatih motorik halus anak. Melatih kesabaran dan koordinasi juga. Aca bisa anteng mengamati bagaimana bunga itu berputar sampai berhenti.
Walupun belum berhasil memutarnya, tapi Aca belum mau menyerah kok. Sampai mau berangkat terapi tadi, dia masih asyik mencoba memutar bunga jambu itu. Sambil diajari Uti juga. Berusaha terus ya Ca.




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share