Pages

Tuesday, December 3, 2013

Cake Cokelat Kukus (Tanpa Mixer)

Setelah bikin puding gula merah kemaren, tidak lengkap hari libur bagiku kalau tidak belajar bikin kue. Jadi, sambil nunggu pudingnya beku dan siap makan, mulai deh timbang-timbang bahan untuk bikin white cake. White Cake itu cake yang menggunakan putih telur saja, tanpa kuning telur dan margarin atau mentega. Warnanya jadinya putih, tidak kekuningan seperti cake biasa yang memakai telur utuh dan dengan penambahan margarin/mentega. Sepertinya akan cantik nanti kuenya, pikirku.

Semua bahan sudah siap, mulai mengocok telur, gula, tepung,dan susu. Baru dua menit, lha kok ada yang salah dengan mixernya. Tiba-tiba saja behenti berputar dan mati begitu saja.Aku cek kabel dan tombol-tombolnya, aku diamkan sebentar, berharap habis itu akan bisa hidup lagi, tapi kok tetap saja mati. Bagaimana ini nasib white cake ku? aku paksakan juga mengocok manual menggunakan whisk. Sampai pegel tangan, tapi masih belum bisa mengembang juga adonannya. Sudah lebih dari 20 menit keadaan masih sama, aku menyerah. Capek banget mengocoknya. Dengan pasrah, aku kukus ke dandang yang sudah aku panaskan sedari awal mulai mengocok memakai mixer. Tentu saja sambil berdoa semoga cakenya 'lumayan' jadi.



Setelah 30 menit, aku cek kukusan daaaan...bantat saudara-saudara hehe..Rasanya gemes sekali. Cakenya keras, dan seret. Berakhir di tempat sampah deh. Dan aku malah makin penasaran dengan acara bikin kue saat itu. White Cake gagal, cari resep lain. 

Buka netbook, gugling cake tanpa mixer. Dan akhirnya naksir sama resepnya Mbak Endang dari JTT. Langsung eksekusi deh. Ini dia resepnya, ada yang aku ubah sedikit :

CAKE COKELAT KUKUS 

Bahan-bahan :
- 170 gram margarine
- 150 gram gula halus 
- 200 ml susu cair (aku pakai sufornya Aca ^_^)
- 2 butir telur ayam, kocok lepas dengan menggunakan garpu
- 110 gram tepung terigu protein rendah atau serba guna (Aku pakai Kunci Biru)
- 45 gram coklat bubuk.
- 1/4 sendok teh baking soda
- 1 sendok teh baking powder 
- 1 sendok teh vanilla ekstrak atau 1/4  sendok teh vanili bubuk

Cara Membuat :


Siapkan loyang yang berlubang tengahnya. Olesi mentega agak banyak dan taburi tepung terigu hingga merata. Pastikan seluruh permukaan loyang tertutupi tepung.

Dalam panci kecil, campur gula, mentega, susu dan vanila. Panaskan dengan api kecil hingga gula dan mentega larut, aduk-aduk
Ayak bahan kering: tepung terigu, coklat bubuk, baking soda dan baking powder di dalam mangkuk. Sisihkan.

Jika larutan mentega gula sudah agak hangat, masukkan kocokan telur ke dalamnya.
Masukkan larutan telur, mentega dan gula sedikit demi sedikit ke tepung sambil diaduk-aduk pelan
Tuangkan adonan ke dalam loyang dan masukkan ke dalam dandang yang telah dipanaskan sebelumnya. Tutup permukaan dandang dengan kain bersih yang menyerap air kemudian baru ditutup dengan penutup dandang. 

Kukus selama 45 menit dengan api sedang dan jangan membuka penutup dandang selama cake dikukus. Angkat kue dan biarkan agar mendingin sebelum dilepaskan dari loyang.
Hasilnyaa, enaaak bangeeet..Apalagi pas dimakan sewaktu masih hangat. Nyoklat banget. Rasanya hampir mirip seperti brownies kukus, tapi yang ini lebih  lembut khas cake, bukan brownies. Sepertinya akan jadi resep andalan nih. Walaupun sayang, Aca sama sekali tidak mau nyicipin. Sampai emaknya memohon-mohon biar mau nyoba dikiiit aja, malah lari kabur. Padahal, alasanku belajar masak, bikin kue, buat Aca lhoh...Someday, Aca pasti akan suka.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share