Pages

Wednesday, January 1, 2014

Me Time

Menjadi seorang ibu, dengan sendirinya akan terprogram dalam hati, jiwa dan pikirannya bahwa prioritas utamanya adalah anak (setidaknya bagi aku). Misalnya nih, setiap dapat snack sewaktu rapat, rela lho aku kelaparan sepanjang malam biar snacknya bisa aku bawa pulang buat Aca. Meskipun, Aca tuh senengnya buka kardusnya aja, jajanan seenak apapun gak akan masuk dalam kriterianya.

Atau kalau lagi kerja udah mulai masuk waktu-waktu mau pulang, sama sekali gak konsen sama pekerjaan. Bawaannya pengen cepet pulang aja. Bisa sampai rumah cepet dan main sama anak. Soal mandi, boro-boro deh bisa mandi lama-lama, baru masuk kamar mandi aja Aca kadang suka teriak-teriak memanggil ngajak main ^_^. Makan atau tidur apalagi hehe..


Dan sering, kita jadi tidak punya waktu untuk diri sendiri. Bahkan sampai melupakan kebutuhan pribadi. Padahal, dari pengalaman banyak orang yang sering aku baca di milis atau blog ibu-ibu di luar sana, penting banget lho punya waktu untuk diri sendiri. Untuk menyeimbangkan hati dan pikiran. Juga demi anak-anak. Dan menurutku itu seratus persen benar.

Karena sering banget, kalau badan lagi capek, banyak pikiran, kerjaan numpuk, bawaannya pengen marah aja sama anak. Hal sepele yang anak lakukan bisa menyulut emosi berkepanjangan. Kalau sudah begitu, rasanya menyesal banget setelahnya. 

Nah, itulah gunanya 'me time'. Ada waktu untuk istirahat sejenak. Tanpa anak, keluarga, pekerjaan. Biar pikiran lebih adem, badan lebih enteng, dan siap untuk menghadapi 'kreatifnya' anak-anak. Ada yang dengan ke salon. Creambath atau facial, nonton film, ngopi sama sahabat, jalan-jalan, shopping, terserah...yang penting bisa bikin bahagia dan rileks. 

Tapi kalau aku, rasanya terlalu mewah deh kalau haru pergi ke salon atau nonton film di bioskop (gak tega ninggalin anak di rumah sama utinya cuma buat seneng-seneng sendiri-apalagi ngabisin duit hehe).

Me time versi aku biasanya adalah :
  • Ngenet. Dalam hal ini bisa ngeblog, blog walking, gugling resep-resep masakan, cari-cari ide permainan edukasi anak, macem-macem lah. Biasanya malam hari kalau Aca sudah tidur. Kadang bisa keterusan sampai dini hari kalau lagi asyik. Tapi gak baik juga sih, harus dibatasi biar bisa dapat waktu tidur cukup. 
 netbook dan modem kesayangan yang selalu menemani kala berkelana di dunia maya. Pokoknya cinta banget sama dua benda ini.
  • Baca buku. Selalu menyenangkan. Kapan-kapan ditulis tentang buku secara khusus.
  • Menikmati secangkir kopi di pagi hari. Hobi turunan nih. Bapak, setiap pagi harus minum kopi untuk memulai hari dan pekerjaan. Aku sejak kecil selalu ikut minum kopinya beliau, jadinya keterusan sampai sekarang. Bahkan akhir-akhir ini sering bikin kopi sendiri sesudah sholat subuh sambil internetan. Setengah jam aja, tapi berhasil memberiku mood booster sepanjang hari.
  • Bikin kue. Baking. Tentu saja tidak bisa sering-sering aku lakukan. Selain rempong, juga boros banget. Tapi lumayan lah bisa ngilangin stress di akhir pekan.

Yang jelas, me time memang perlu. Punya sedikit waktu untuk diri sendiri bisa membuat bahagia. Karena memang, anak yang bahagia berasal dari ibu yang bahagia. Nah teman, apa me time andalanmu?

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share