Pages

Thursday, March 27, 2014

Lets Get Organized!!

Kalau ada orang yang suka asal meletakkan barang, suka lupa menemukan barang-barang sendiri, aku adalah salah satu diantaranya. Aku susah banget rapi. Contohnya , tas ransel yang aku bawa kerja setiap hari, isinya macam-macam, semua dengan asalnya aku masukkan ke dalamnya. Hasilnya berat banget di punggung, sedangkan kebanyakan dari isinya tidak akan aku pakai seharian itu.Itu belum dengan semua barang-barang yang ada di rumah dan di tempat kerja. Lebih sering berantakan daripada rapinya. Yang paling terbaru adalah, aku kehilangan semua file penting di netbook dan flash disk gara-gara aku lupa menatanya dengan baik dan benar. Hadeh..

Sampai kemudian, aku sadar kalau Aca mulai meniru cara hidupku. Dia malas mengembalikan mainan ke tempatnya, suka asal meletakkan buku-buku dan puzzlenya, bahkan kadang marah-marah karena tidak menemukan alat pancingnya karena lupa naruhnya dimana.

Oke, saatnya merubah itu. Jangan sampai Aca mewarisi sifat jelek orang tuanya. Sedikit demi sedikit, aku mulai membiasakan diri untuk lebih teratur menyimpan barang-barang. Terutama barang-barangnya Aca biar dia juga belajar tertib. Setiap selesai main, semalas atau secapek apapun aku, aku ajak dia mengembalikan peralatan di tempatnya. Apalagi kami memang sering menggunakan mainan bikinan sendiri yang lumayan banyak, jadi kalau tidak ditata, bisa cepet rusak atau susah menemukannya kembali.

Aku juga kemaren mulai nyicil merapikan play roomnya Aca. Bahasanya tah hehe..padahal cuma kamar belakang yang dipakai buat menyimpan barang-barang, tapi kemudian aku fungsikan sebagai tempat mainnya Aca dan juga tempatku melakukan proyek orderan. Belum rapi banget sih, tapi sekarang lumayan mudah menemukan barang-barang kalau Aca pas lagi ingin main sesuatu. Ini dia foto-fotonya. Besok-besok diupdate lagi. Kalau sudah bener-bener rapi.

 
Yang ini peralatan gambarnya Aca. Ada sidewalk chalk, crayon, pensil warna, oil pastel,  semuanya dari Crayola. Hasil berburu diskon 50%. Sebelahnya macam-macam jepitan dari yang kecil sampai yang besar. Aku masukkan di kaleng bekas susunya Aca.

Di tembok aku tempelkan plastik bening (buat menempel stiker) dan kertas hitam (buat gambar pakai kapur tulis)

Cara pakai kertas hitamnya. Sebenarnya punya blackboard, tapi sudah dipasang di ruang tengah.

Box besar buat nyimpen buku-bukunya Aca yang masih baru dan  masih lama dipakainya. Diatasnya adalah peralatan craft dan mainan. Ada foam sticker, stik es krim, semuanya aku masukkan box plastik dan aku bikinkan  stiker label biar gampang nyarinya.

macam-macam selotip, lem, gunting buat Aca, punch, sama stempel mainan

Semua karya-karya Aca dari sekolah aku simpan disini, clear folder. Rencananya mau bikin scrapbook atau keepsake saat akhir tahun pelajaran nanti.

yang bawah toples berisi pompom, benang dan clothspin, sementara yang atas macam-macam peralatan tulis.

Macam-macam kertas. Ada kertas manila berwarna, clear plastic, kertas stiker, kertas krep lembaran.


Masih berantakan disana sini. Tapi sekarang sudah lumayan rapi. Rencananya masih mau benahi kotak-kotak penyimpanan buat paper plate, kotak buat nyimpen gulungan kertas yang asalnya kardus air mineral, juga merapikan pernik-pernik kecil lainnya.

Dan Aca, sekarang sedikit demi sedikit mau merapikan mainannya sendiri. Dia juga mau mengambil mainan yang dia inginkan sendiri di kamar belakang. Jadi, gak ada salahnya lebih teratur kan?






No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share