Pages

Saturday, April 26, 2014

Bermain dengan Magnet

Kemarin, sejak bangun tidur Aca demam. Tapi masih memaksa mau berangkat sekolah. Karena hari jumat dan pulang cepat, aku bolehin sekolah. Dan benar saja, bu gurunya bilang Aca sepanjang hari cuma tiduran di kelas. Katanya sakit kepala. Semalam, sudah minum obat turun panas dan bisa tidur nyenyak.

Tapi sabtu pagi, badannya masih agak panas. Padahal rencananya mau mengajaknya ke taman sambil membawa bola dari rumah. Ya sudah deh, hari ini di rumah saja istirahat.

Baiklah, aku ajak Aca main yang sederhana saja. Main sama magnet dan styrofoam. Jangan bosen ya kalau masih pakai styrofoam lagi, namanya juga memanfaatkan apa yang ada hehe..Ini dia material yang aku gunakan :


styrofoam (bagian yang putih), kertas cover (sudah aku gambar dan warnai seadanya), lem, craft stick, magnet bulat kecil, pensil warna, spidol buat bikin gambar.



Karena Fida datang ke rumah, aku bikin styrofoam satu lagi. Temanya aku bikin berbeda. Punya Aca jalan dengan mobilnya. Yang buat Fida, laut dengan perahu.


Anak-anak kebagian tugas mewarnai laut dan jalannya dengan cat air. Tapi ya gitu deh, tidak sampai selesai sudah buru-buru dipakai main. Berantakan banget mewarnainya. Oke, jadi cara mainnya adalah, magnet nya ditempeli gambar mobil dan perahu. Sementara magnet satu lagi ditempel di craft stick. Mobil dan perahunya diletakkan di atas styrofoam bergambar. Sedangkan untuk menggerakkannya pakai craft stick yang digeser-geser dari bawah styrofoam. Awalnya anak-anak susah menggerakkannya sesuai jalur. Tapi lama-lama bisa kok. 


Permainan ini belajar tentang sifat-sifat magnet. Dari ceritanya Fida, dulu di play group dia pernah main dengan magnet, jadi mungkin Aca juga sudah familiar dengan itu. Juga melatih motorik halus, koordinasi tangan dan mata saat membuat mobil dan perahunya 'berjalan'.



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share