Pages

Sunday, April 6, 2014

Main Imajinasi dengan Styrofoam

Punya gabus styrofoam? bisa buat main lho. Ini nih ideku buat Aca tercinta hehe

Aku punya beberapa kumpulan gambar binatang kecil-kecil. Ada macam-macam tema. Sayangnya aku lupa darimana mendapatkannya. Filenya sudah tidak ada di netbook ku, jadi maaf ya tidak bisa share disini linknya.

Ada tema animal forest, dog, dino, forest, dan seingatku masih ada yang lainnya juga. Tapi yang aku print waktu cuma beberapa itu. Setelah dicetak, aku laminating dan gunting per bagian. Disimpen buat main kapan-kapan. Nah, berhubung lagi punya styrofoam, kepikiran deh buat memanfaatkannya.



Karena sudah dilaminanting, hewan-hewan (ada pohonnya juga ding) cukup tajam untuk ditancapkan ke gabus. Tapi ternyata Aca masih kesulitan, jadi aku akalin dengan menempelkan tusuk gigi di belakannya memakai selotip. Bisa ditancapkan dengan mudah. 


Cara mainnya dengan berimajinasi seperti di padang rumput (makanya aku pilih gabusnya warna hijau). Aca milih hewan sesukanya dia aja. Dan kami akan menancapkan setiap hewannya sambil aku bercerita. Misalnya di hutan, Singanya lagi main sama siapa ya? Lalu aku minta Aca memilih hewan yang diajak main singa, dia yang akan menancapkannya di dekat singa. Atau monyetnya lagi ngapain ya? Aca aku pancing untuk menjawab apakah naik pohon, makan, atau main sama hewan lain. Seperti itulah..


Tak disangka, Aca seneng lho main itu. Seharian dia mencabut-pasang hewan-hewan sambil sesekali bicara sendiri kalau aku pas lagi tidak bisa ikut main dengannya. Dia juga dengan bangganya membawanya ke tetangga sebelah untuk memperlihatkan gabus 'hasil karyanya'.


Permainan ini untuk melatih imajinasi anak. Membantu banget sebagai alat bantu bercerita atau story telling.  Dengan macam-macam tema, juga bisa semakin memperbanyak kosakata anak. Tadi aku juga sempat  menerangkan hewan yang tidak familiar bagi Aca seperti sigung, juga ada dua harimau yang berbeda. Sampai kemudian aku putuskan untuk mengenalkan Aca pada harimau tutul dan harimau loreng. Moga-moga bener deh penjelasanku hihihi..

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share