Pages

Sunday, April 27, 2014

Transferring Water with Pipettes

Karena Aca masih lemes, mainan yang heboh dan menguras tenaga off dulu. Kali ini mau mengajak Aca memperkuat motorik halusnya lagi saja. Menggunakan pipet dan cat warna. Cat warnanya aku pakai pewarna makanan yang aku teteskan ke air dan aku masukkan tepung terigu untuk sedikit mengentalkannya.
Jadi mainnya adalah transfering atau memindahkan air memakai pipet. 


Aku punya pipet kecil dan besar. Bisa dibeli di apotek. Murah kok. Rp. 2.000,00 untuk yang besar dan Rp. 1.500,00 untuk pipet kecil.

Tiga buah wadah yang sudah aku beri air berwarna merah muda, biru dan ungu. Tiga buah wadah kosong untuk tempat transfer airnya.

 Cara mainnya adalah memindahkan air berwarna dari satu wadah ke wadah yang lain memakai pipet. Seperti biasa, Aca suka tidak sabar dan asal saja memainkan pipetnya. Padahal dia belum pernah memakai pipet sebelumnya. Setelah diajari beberapa kali, alhamdulillaah bisa.

Permainan ini membantu memperkuat jari-jari dan melatih koordinasi mata/tangan. Juga melatih kekuatan tangan dan pola pegang anak.

Pipet ini bisa digunakan untuk melukis lho. Tinggal lukis aja di kertas kosong memakai air warna-warni tadi. Aca request bikin gajah dan masjid. Seadanya yah, aku kan gak bisa gambar hehe... Aca yang meneruskan garis-garis gambarnya.



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share