Pages

Thursday, June 19, 2014

KIRAB RAMADHAN


Kamis pagi ini, sekolahnya Aca mengadakan Tarhib Ramadhan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Acara sebenarnya pawai atau kirab berjalan kaki bersama-sama mengelilingi daerah alun-alun kota. Seru dan menyenangkan. Apalagi orang tuanya diperbolehkan ikut jadi bisa cerita dan foto-foto (tetep.. :)  )

Kegiatannya dimulai dengan berkumpul di depan Masjid Agung. Baris per kelompoknya masing-masing. Banyaak banget anaknya. Selain KBIT juga ada TKIT yang sekolahnya aja ada 3, kebayang kan banyak dan ramainya anak-anak. 

Setiap anak diberi bendera segitiga yang ada tulisan dan gambar Marhaban Yaa Ramadhan



Setelah berkumpul semua, dilanjutkan dengan ikrar serta doa bersama. Setelah itu membaca sholawat nabi dan asmaul husna bersama-sama. Takjub melihat anak-anak sholih sholihah itu.

Siap-siap jalan. Baris dulu yang rapi yaaa

Aca dan Feby. Cerianya mereka. Ketawa ketiwi, lari-lari, sampai harus ekstra diawasi karena jalannya rame banget.

Setelah sampai di Masjid Agung lagi, bukannya capek, malah tambah heboh lari-larian di masjid. Apalagi Aca yang punya ketertarikan spesial dengan masjid.

Tarhib ramadhan ditutup dengan makan snack, serta doa bersama sebelum pulang.

Yang istimewa dari kegiatan tarhib ramadhan ini adalah bagaimana membuat anak-anak bersemangat dan bergembira menyambut bulan Ramadhan. Dan itu berhasil lho. Sepanjang perjalanan (yang tidak sebentar), bu guru dan anak-anak bernyanyi lagu-lagu tentang puasa, doa-doa dan hadist, serta kuis-kuis ringan tentang puasa. Seperti 'makanan apa yang suka dimasak Bunda saat bulan puasa?', "siapa yang besok ikut tarawih bersama ayah bunda?', hal-hal seperti itu.

Waktu pamitan dengan guru masing-masingpun, sambil dipeluk dan dicium, juga disampaikan pesan kalau anak-anak besok berusaha belajar puasa ya. Sebisanya. Biar Allah makin sayaang sama kita. Bukankah benar-benar ide brilian? Terima kasih bu guru...





No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share