Pages

Saturday, June 28, 2014

Ramadhan untuk Aca

Ramadhan kali ini saat Aca berumur 4 tahun. InsyaAllah sudah masuk TK. Kepikiran untuk mulai lebih serius memperkenalkan ramadhan kepada Aca. Tahun kemarin, sudah sangat terbantu dengan sekolahnya. Biasanya setiap hari di sekolah temanya adalah puasa dan ibadah-ibadah selama ramadhan. Tapi sekarang, jadwal sekolahnya adalah cuma satu minggu di pertengahan puasa, sisanya adalah libur. Jadi harus mutar otak untuk memberikan suasana ramadhan yang maksimal di rumah.

Kalau untuk puasa, akan berat membuat Aca mulai belajar. Meskipun rencananya memang aku akan mencoba melatihnya dengan tidak makan dan tidak minum selama dua jam atau 3 jam setiap harinya. Aca itu tidak tahan lapar dan haus. Sehari dia bisa makan sampai 5 kali lho. Minum? Kulkas di rumah sampai lecek pintunya gara-gara sering di buka tutup Aca untuk ambil minum. Bisa dibayangkan kan bagaimana menahan Aca agar tidak makan atau minum selama beberapa waktu? jadi puasa memang bukan target utama. Judulnya masih belajar :)

Cuma yang aku prioritaskan adalah membiasakan Aca untuk sholat, belajar, mengaji dengan lebih teratur. Apalagi akhir-akhir ini, Aca sudah tidak mau lagi belajar. Ditambah lagi saat liburan. Sampai capek mengingatkannya.

Terinspirasi dari blog anakjempolan yang membuat kalender ramadhan, aku lalu kepikiran membuat buku kegiatan ramadhan. Soalnya kalau bentuknya kalender, gede dan tidak ada tempat lagi buat ditempel di rumah. Jadi lebih praktis dibikin buku biar bisa dibawa kemana-mana.

seharusnya bukunya gak segede ini. Cuma tadi yang bikinin jilid kawat lupa memotong sisa kertasnya. Hmm..sebenarnya kecewa juga, tapi ya sudahlah. Nanti bisa ditulisi di bagian bawah kertas yang kosong.

Isinya adalah target kegiatan harian Aca. Seperti sholat wajib (paling gak ikut sholat bareng), mengaji (sudah mulai aku perkenalkan qiraati), belajar (belajar disini adalah main sama umi, play n learn, craft, menggambar, jadi bukan belajar yang gimana-gimana juga), belajar puasa (seperti yang aku terangkan diatas, paling gak Aca stop makan minum selama dua atau tiga jam saja), membantu orang lain (misalnya bantu membuang sampah, dimintai tolong uti, tatung dan tantenya mau), yang terakhir melayani diri sendiri (ini penting banget, karena Aca suka manja gak ketulunguan, apa-apa minta diambilin, apa-apa tidak mau sendiri).

penampakan halaman isinya. Aku kasih 31 halaman di satu buku ini.

 space kosongnya bisa ditulisi catatan-catatan atau kegiatan khusus



 Nantinya, setiap item kegiatan yang dilakukannya, akan dikasih stiker bintang. Sampai ramadhan nanti akan ada hadiahnya untuk setiap bintang yang dikumpulkan. Rencananya setiap bintang akan aku kasih hadiah uang seribu. Dan hasilnya nanti bisa dimasukkan di celengan tabung pedulinya. Aca sih sepertinya belum terlalu ngerti hadiahnya, tapi kalau stiker bintang, dia sudah familiar karena di sekolah dan  RBA, kalau pinter pasti dapat bintang.
kalau sudah ditempel stiker bintang

sudah menyiapkan banyak stiker bintang oranye. Lumayan capek bikinnya.




Semoga kegiatan ramadhannya Aca lancar ya. Aku sudah menyiapkan beberapa bahan-bahan play n learn. Mudah-mudahan bisa membuat Aca seneng belajar dan bermain. Sehingga emaknya ini juga punya lebih banyak waktu untuk memperbaiki ibadah.Amiin..
Selamat berpuasa juga ya teman-teman..


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share