Pages

Tuesday, July 15, 2014

Story Telling dan Craft Ramadhan untuk Aca

Ramadhan kali ini, untuk membuatnya berbeda, selain buku kegiatan ramadhan yang didalamnya terdapat banyak kegiatan seperti belajar qiroati, belajar puasa, dan membuat craft, ada satu lagi yang telah kami lakukan bersama. Belum maksimal sih, tapi lumayaan banget manfaatnya. Kegiatannya yaitu menggabungkan story telling dengan art & craft tentang cerita nabi-nabi.

Akan lebih baik kalau saja aku mempersiapkannya lama sebelum ramadhan dimulai, tapi ide ini muncul setelah ramadhan berjalan selama satu minggu. Itu saja kebetulan setelah melihat akun instagram milik teman. Hunting buku yang cocok untuk bercerita, nyari ide craftnya, jadilah beberapa kegiatan yang sudah kami lakukan selama ini.


Buku yang aku gunakan adalah buku ini. Fabel Motivasi Terbaik untuk Anak. Bagus banget bukunya. Ceritanya banyak dan bahasanya mudah dipahami. Sebelumnya aku harus sudah mempelajari ceritanya. Jadi, sebelum mulai craftnya, aku akan bercerita kepada Aca tentang salah satu cerita di buku. Berhubung isi bukunya adalah cerita tentang hewan yang didasarkan pada kisah-kisah Al Quran, aku pilihkan saja cerita yang berhubungan dengan Nabi yang sudah familiar bagi Aca. Ada Nabi Nuh, Nabi Yunus, Nabi Saleh, Nabi Muhammad.


Ceritanya sendiri sih, kemudian aku terjemahkan bebas sesuai kosakata yang sudah dipahami Aca. Soalnya, beberapa kali aku coba bercerita dengan hanya membacakan buku, Aca kabur saking bosannya. Setelah itu, aku bercerita dengan gaya dan bahasaku sendiri. Sering aku selingi dengan pertanyaan-pertanyaan biar Aca tetep konsen.Setelah sesi bercerita, kemudian Aca aku silakan untuk melakukan craft yang aku siapkan. Tentu saja yang sesuai dengan cerita tadi. Misalnya cerita tentang Nabi Saleh. Maka aku menyiapkan sebuah puzzle seekor unta betina untuk Aca kerjakan.


Alhamdulillah, dengan menggabungkan antara story telling dengan art & craft seperti ini, Aca lebih mudah mengerti dan ingat tentang isi ceritanya. Aca bahkan bisa menceritakannya kembali lho, meskipun dengan bahasanya sendiri. Semoga dengan begini, Aca bisa makin sayang sama Allah dan para nabi serta rasulnya. Amiiin..





No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share