Pages

Monday, August 18, 2014

Baju Hijaiyah


Masih ingat dengan play n learn nya Aca dulu waktu main baju angka ? nah kali ini, kami akan main versi huruf hijaiyah nya. Sama-sama berbentuk baju, tapi aku tulisi dengan huruf-huruf hijaiyah. Aku tempelkan craft stick juga biar gampang dipegang. Sebenarnya, Aca sudah mengenal semua huruf-huruf hijaiyah, di sekolahnya juga ada Qiroati, tapi gak ada salahnya juga main dengan huruf-huruf ini di rumah. Tetep seru kok. Bahkan, aku terpana melihat kreatifitas Aca dan Fida ketika memainkan baju hijaiyah ini. Yuk, kita lihat saja apa saja permainan mereka..

1. Sortir Warna
Gampang banget kan bagi anak-anak seusia Aca dan Fida? Tapi biar lebih seru dan menantang, diadakan game saja. Siapa yang paling cepat mengumpulkan baju yang terbanyak sesuai request warna yang aku sebut, dialah pemenangnya. Setiap baju yang diambil, harus menyebutkan huruf yang tertulis di bajunya. 



2. Barisan Huruf
Ini idenya Fida yang suka sama kegiatan yang butuh kesabaran. Jadi dia meminta untuk mengurutkan sendiri huruf-huruf hijaiyahnya mulai alif sampai ya. Katanya si barisan huruf.  Rapi banget. Kalau Aca, malah sesekali membuat Fida marah karena iseng merusak barisan hurufnya.


3. Membuat Kipas

Beberapa baju, disatukan dengan selotip di bagian bawah stick nya. Jadi deh kipasnya. Awalnya Fida yang minta dibuatin kipas, tapi Aca yang langsung heboh minta juga dan segera dimanfaatkan untuk pura-pura berjualan sate sambil bilang 'sate..sate..'sambil sok sibuk ngipasi satenya hahaha...


4. Pertunjukan Boneka
Ceritanya anak-anak sedang melakukan pertunjukan boneka. Yang dijadikan boneka tentu saja baju hijaiyahnya. Aku cuma motret saja sambil menyimak beberapa percakapan Aca dan Fida. Sepertinya tentang masuk sekolah, guru, teman-teman, dan seputar itu. 


Mendengar kata-kata mereka, aku ingat sebuah gambar bis sekolah yang aku print beberapa waktu lalu. Sebenarnya untuk belajar membaca bagi Aca, tapi aku keluarkan saja sekarang mumpung mereka lagi main tentang sekolah. Jadi ceritanya mereka sedang naik bis menuju sekolah, Aca dan Fida ribut memutuskan siapa yang jadi sopir, duduk di depan, tengah atau belakang.





5. Membuat Pajangan Baju
Yang ini daily fine motor buat Aca. Aku ajak dia untuk memasukkan setiap baju hijaiyahnya di lubang kursi yang ada di rumah. Gak terlalu mudah juga sih. Berhubung lubangnya kecil, butuh tenaga dan kesabaran ekstra untuk memasukkannya.





Hmm..banyak kan aktifitas yang bisa dilakukan hanya dengan satu jenis mainan? Tetap seru dan menyenangkan pastinya. Makanya semangat yuk bikin mainan sendiri untuk anak-anak tercinta kita..

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share