Pages

Saturday, August 16, 2014

Belajar tentang Listrik Statis

Apa itu listrik statis? Listrik statis adalah ketidakseimbangan muatan listrik dalam atau pada sebuah benda. Muatan listrik tetap ada sampai benda kehilangannya dengan cara sebuah arus listrik melepaskan muatan listrik. Listrik statis kontras dengan arus listrik, yang mengalir melalui kabel atau konduktor lainnya dan mentransmisikan listrik (wikipedia). Atau bahasa sederhananya Listrik statis dapat menjelaskan bagaimana sebuah penggaris yang telah digosok-gosokkan ke rambut dapat menarik potongan-potongan kecil kertas. Gejala tarik menarik antara dua buah benda seperti penggaris plastik dan potongan kecil kertas dapat dijelaskan menggunakan konsep muatan listrik.

Nah, bagaimana kalau  play n learn nya belajar listrik statis bersama Aca? Tentu saja yang paling mudah adalah dengan praktek langsung. Seperti contoh diatas yaitu dengan menggosokkan penggaris ke rambut juga bisa. Tapi karena penggarisku cuma satu sedangkan ada Fida di rumah, main sama penggaris dilupakan saja, biar tidak rebutan. Diganti dengan botol kosong saja, di rumah ada buanyaaak.

Yang aku siapkan botol kosong dan foam butiran. Atau bisa juga memakai kertas ringan yang dipotong kecil-kecil. Foamnya dimasukkan ke dalam botol kosong, digosok-gosokkan ke rambut, dan lihatlah bagaimana butir-butir foamnya menempel di dinding botol. Sempat membuat Aca dan Fida bilang ''Waaah...". Sedikit diceritakan kenapa bisa menempel, dan biarkan anak-anak mencoba sendiri. Selanjutnya bukan hanya digosokkan ke rambut, tapi di baju, karpet, untuk melihat apa bisa menempel juga.

Dan sains sederhana inipun sukses membuat anak-anak senang. Jadi semangat untuk mencari percobaan lainnya..Ini dia foto-fotonya :




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share