Pages

Friday, August 22, 2014

Salt Painting

Eksperimen ini banyak bersliweran di instagram dan blog, penasaran pengen nyoba. Agak bingung juga sih, masuk kategori sains atau seni. Kebanyakan dimasukkan di art, padahal sains juga  bisa lho yaitu bagaimana pewarna bisa jalan sendiri di atas garam. Ini dia ceritanya :

Bahan yang digunakan gampang banget dan pasti ada di rumah. Lem (aku pakai lem cair), garam dapur (yang halus), pewarna makanan (cat air sepertinya juga sempurna untuk ini)


Caranya, bikin pola di atas kertas dengan lem. Aku pakai kertas HVS biasa, mestinya kertas tebal. Kertas biasa terlalu tipis jadi mudah sekali tembus.Aku bikin huruf-huruf nama Aca dan Fida. Taburi garam di tempat kita mengoleskan lem. Siap diwarnai.


Caranya, teteskan pewarna makanan ke beberapa titik garam. pewarna itu akan menyebar dengan sendirinya. Kalau kata Aca "bisa jalan sendiri"..Yup, itula serunya. Jadi warnanya akan memenuhi pola garamnya tadi.



Sayangnya, Aca tidak cukup sabar untuk menetesi pewarnanya sedikit-sedikit. Dia asal aja menuangkan pewarna, sampai meluber kemana-mana. Dasar Acaa!!



Kalau Fida, yang lebih sabar dan  teliti, berhasil mewarnai gambar garamnya.  Bagus lho hasilnya, seperti lukisan cat air, tapi ada teksturnya. Yuk coba sendiri di rumah...






No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share