Pages

Thursday, August 14, 2014

Sponge Painting

Play n Learn hari ini adalah main cat. Aca memang sukaa banget melukis, mengecap, semacamnya lah. Pokoknya Aca suka main dengan cat, suka main campur aduk warna, suka bikin gambar abstrak sesukanya, hal-hal seperti itu deh. Sejauh ini, memang hanya aku sediakan cat air untuk alat lukisnya. Sempet beli cat poster yang warnanya lebih ngejreng, tapi susah dibersihkan, jadi sementara lebih aman terkendali pakai cat air saja. Tentu saja harus yang washable. Alasan utamanya adalah karena Aca masih suka bikin berantakan seisi rumah kalau lagi main cat. Apalagi dengan kreatifitas dan kejahilan tingkat tingginya, Aca suka iseng coret-coret baju, taplak, korden, dinding, apa aja yang didekatnya. Dan alangkah lebih repot lagi kalau menggunakan cat yang susah dibersihkan. Bisa-bisa Aca malah tidak boleh main cat air lagi sama uti dan tatung. Jadinya, emaknya yang harus ngalah membelikannya cat air yang washable alias mudah dicuci. Selama ini masih setia dengan Crayola. Susah nyarinya di toko-toko terdekat. Mesti beli online, harganya lumayan mahal dan sering juga tidak ready stock. Seperti sekarang, sudah beberapa minggu ini habis dan di toko langganan juga out of stock. Ya sudahlah, sabar menunggu.

Tapi beberapa hari yang lalu, pas belanja bulanan, nemu benda bagus di supermarket. Spons cuci piring. bagusnya apa ya? hihihi...sekali lihat, langsung kepikiran untuk membuat stempel dari spons ini. Beberapa kali pernah lihat digunakan di internet. Langsunglah beli dan eksekusi untuk bermainnya Aca.



Aku gunting menjadi bentuk-bentuk sederhana seperti persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, bintang,  dan sabit. Untuk anak-anak yang lebih muda, media ini bagus untuk belajar tentang macam-macam bentuk geometri. Berhubung Aca sudah mengerti banget dengan bentuk, aku lebih fokuskan ke paintingnya saja.




Seperti yang aku ceritakan diatas, karena cat airnya Aca habis, awalnya spons ini aku simpen aja buat main besok-besok. Tapi baru ingat kalau masih punya stok cat poster dari Menthilis Project kemaren. Walaupun cuma 3 warna yaitu merah, kuning, dan hitam, cukuplah untuk mencoba sponge paintingnya. Sukses lho..


Catnya sebenarnya adalah cat poster. Tapi berbahan dasar air, jadi mudah banget dibersihkan dengan hanya menyeka atau membilasnya dengan air. Lebih pekat dan kental, jadi mesti diencerkan dengan air. Warnanya juga lebih terang dan solid. Pengen banget deh punya cat seperti ini.

Dan kami memang akhirnya seru-seruan dengan mengecap dan melukis dengan spons ini. Bentuknya yang tebal memudahkan Aca untuk memegang dan mengecapnya ke kertas. Juga bisa menyerap warna dengan sangat baik. Juga karena bertekstur, hasil capnya juga unik. Pengalaman baru lagi bagi Aca.



Aktivitas ini, selain melatih motorik halus yang memperkuat otot jari-jari tangan, juga melatih koordinasi tangan dan mata anak. Dengan media yang berbeda, anak akan belajar tentang macam-macam tekstur benda yang berbeda pula. Juga untuk mengekspresikan diri dan perasaannya melalui warna-warna cat yang digunakan.


Bonus tambahannya, selalu suka melihat Aca bangga dengan setiap hasil karya yang dibuatnya. Eh iya, kalau cat poster ini agak lebih lama keringnya. Jadi tadi kami sempat menjemurnya dulu sebelum disimpan. Beda dengan cat air yang cepat keringnya.



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share