Pages

Friday, September 19, 2014

Stiker Tematik

Kadang (lebih tepatnya disebut sering banget), emaknya Aca ini suka mati gaya saat kehabisan energi dan ide untuk main sama Aca. Apalagi kalau hari sudah malam dan Aca masih segar bugar. Bisa lari-lari kesana kemari, naik turun tempat tidur, ngisengin seisi rumah kalau tidak diajak melakukan kegiatan yang bisa membuatnya sibuk. Itulah kenapa, aku selalu menyiapkan banyak material di rumah. Macam-macam kertas (dari kertas lipat sampai kertas kardus bekas), macam-macam alat mewarnai (dari spidol sampai cat air), atau mainan sehari-hari (dari mobil-mobilan, alat masak-masakan, sampai puzzle yang sudah banyak yang hilang). Eh iya, satu lagi, stiker. Ini juga andalan banget saat Aca lagi bosen. Kebetulan memang suka juga sih ngumpulin stiker-stiker lucu-lucu. Banyak yang beli, ada juga yang bikin sendiri hasil ngeprint di kertas stiker.

Main sama stiker? Jangan salah, seru dan berguna lho walaupun kedengarannya sepele. Seperti aku yang sengaja banget sedia stiker bermacam tema. Ada binatang, tumbuhan dan bunga-bunga, transportasi, luar angkasa serta masih banyak lagi. Stiker ini bisa dijadikan bahan bermain dan belajar tentang nama-nama benda, belajar bercerita, serta mengasah kemampuan berpikirnya.

Seperti beberapa waktu lalu, saat tidak tahu mau mengajak Aca main apa lagi, segera aku siapkan selembar kertas, gambar seadanya dan memberinya sekotak stiker foam bertema alat-alat transportasi. Selanjutnya aku biarkan Aca menempelkan stikernya di atas kertas yang sudah aku beri gambar jalan, rumput dan awan.









Dan dia betah hampir lima belas menit membuka stiker, menempel dan beberapa kali bicara tentang benda yang ada di stikernya. Ada mobil, kereta, pesawat terbang, motor. Hmm..kadang ada yang aneh juga saat pesawat diletakkan di samping mobil, atau kereta apinya ada di samping rumput. Tapi saat aku berniat membetulkan posisi yang menurutku benar, Aca menolak. Iya ya, Aca pasti punya alasan khusus, dan aku tidak punya alasan untuk menyalahkannya. Kreatifitas anak kan selalu ajaib hehe...


Ini dia hasil karyanya Aca..
 





No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share