Pages

Tuesday, November 4, 2014

Tema Binatang 4 : Semut

Karena di sekolahnya Aca, penekanan tema binatang adalah semut, maka beberapa hari kemarin aku sama Aca juga belajar dan bermainnya adalah tentang semut. Cari di internet banyak referensinya jadi lumayan enteng mikirnya hehe..aku posting foto-fotonya di sini yah? biar lebih jelas
  
Buku referensinya. Di dalamnya ada cerita semut dengan Nabi Sulaiman. Juga terdapat fakta-fakta tentang semut.

Finger painting semut. Menggunakan cat warna, cap pakai jari-jari tangan, tinggal diberi mata, antena, kaki dan mulut. Simpel tapi selalu menyenangkan.

belajar anatomi tubuh semut sambil mewarnai. Abaikan saja hasil mewarnainya Aca yang selalu seenaknya, tapi ternyata Aca cepat ingat tentang bagian-bagian tubuh semut.


Karena sudah tahu kalau semut membawa makanan dengan mulut, maka kami melakukan permainan yang sedikit mirip dengan cara semut berjalan dan membawa makanan. Jadi anak-anak merangkak sambil mengambil dan membawa balon dengan mulutnya. Susah? Tentu saja, dan tak lupa Alhamdulillah telah menciptakan manusia yang punya tangan dan kaki sempurna dengan segala kegunaannya. Disini juga kami belajar tentang gotong royong dan bekerja sama. Pada awalnya anak-anak berlomba untuk mencapai tujuan lebih dulu. Tapi kemudian mengerti kalau mainnya satu-satu dan cepet-cepetan, maka balon yang bisa diambil juga satu. Tapi kalau kerja sama, saling berbagi, maka balonnya juga akan jadi milik bersama. Nah, jadi banyak kan?

Printable dari mrprintables. Aku modifikasi dengan tema semut. Dimainkan dengan stiker bulat warna warni.


Yang ini bagian dalam printable diatas. Kami berdua membuat gambar semut dari stiker.Tinggal kasih mata, antena, dan kaki. Jadi deh. Tuh, coret-coretan aca keliatan kaan??

Nemu printable jam kertas keren banget. Dan kebetulan ada yang gambarnya semut. Waah, kebetulan yang hebat. Tentu saja Aca suka, walaupun biasanya dia tidak suka memakai asesoris seperti jam maupun kacamata. Dan jam tangan ini sukses dibawa Aca kemana-mana.


Bikin puzzle semut. Aca harus menempel bagian-bagian semut dengan benar. Dan Alhamdulillah, dia bisa menyebutkan nama-nama bagian tubuh semut. Antena, Kepala,  Thorax, Abdomen. Tentu saja tidak sejelas yang seharusnya tapi seneng dengarnya...


Ini dia hasil tempel-menempel puzzle semutnya


Bikin siklus hidup semut. Well, Aca belum begitu ngerti tentang siklus hidup. Tapi, dia semangat bantu memberi lem dan menempel.


Bikin gambar 'rumah' semut. Aku gambar sendiri dan diwarnai pakai cat air. Ceritanya itu gambar sarang semut di bawah tanah.

Di 'rumah' semut harus ada semut tentunya. Lagi-lagi Aca yang bertugas membuat semut dari stikernya.


Rumah semut itu juga sengaja aku kasih kertas krep hijau seumpama rumput-rumputan. Nah, tugas Aca adalah memotong rumputnya biar keliatan lebih pendek.

Yang ini finger puppets semut. Dan akhirnya aku menggunakannya untuk bercerita kepada Aca tentang macam-macam semut dan pekerjaannya. 

Itulah play n learn kami tentang semut. Tadi sore dimainka untuk puncak tema seperti di sekolahan. Belum maksimal sih, tapi sekaarang jadi tahu betapa seru dan menyenangkan belajar sambil bermain, Bahkan aku sebagai emaknya pun ikut-ikutan seneng dan jadi belajar banyak hal baru. Ah, jadi tidak sabar menunggu tema selanjutnya...



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share