Pages

Wednesday, November 19, 2014

Tema November : Tanaman (Bermain bersama Ulat, Bunga, dan Kupu-Kupu)

Halloo, apa kabar semuaa? Bulan November ini tema di sekolahnya Aca adalah tanaman Jahe. Jenisnya, manfaatnya, cara menanamnya, dan banyak lagi. Nah, ternyata, setelah gugling sana sini, referensi tentang jahe itu sedikit sekali. Kebanyakan malah artikel tentang budidaya jahe merah yang lagi booming, atau tentang produk-produk jamu. Kan bukan itu yang aku cari. Nyari di web internasional, pake keyword jahe, ginger, malah gak keluar. Jadi yang aku ambil untuk tema play n learn di rumah adalah tanaman saja. Dengan sesekali memasukkan unsur jahe serta tanaman obat lainnya. Aku juga berencana untuk meminjam buku di perpustakaan untuk mencari buku-buku tentang jahe. Siapa tahu bisa membantu banyak.

Nah, untuk mengawali play n learn nya, kami berdua main yang ringan-ringan aja nih. Awalnya sih mau bikin metamorfosis kupu-kupu, tapi ternyata kurang persiapan, jadinya cuma pengenalan awal saja tentang itu. Jadi kami membuat bunga, 'kenalan' sama ulat, dan  membuat kupu-kupu dari kertas. Agak-agak kurang nyambung dengan tema tanaman ya? ah, anggap saja nyambung hehehe..



Yang pertama, kami membuat bunga dari ranting pohon kering, kertas kokoru, serta sitker bulat rainbow andalan. Kami berdua mencari ranting pohon yang sudah kering dan jatuh ke tanah. Sekalian menerangkan ke Aca bagian-bagian tanaman. Ada akar, batang, dahan, ranting, daun, bunga dan buah. Rantingnya ditenmpel di kertas menggunakan selotip. Kelopak bunganya aku menggunakan kertas kokoru yang harus digunting kecil-kecil. Kegiatan ini memang untuk melatih Aca belajar menggunting. Aca masih perlu banyak latihan nih. Kertasnya sudah aku kasih tanda sebagai tempat menggunting. Setelah itu tinggal ditempel di ranting pohon yang tadi.



Setelah membuat bunga, dilanjutkan dengan membantu ulat yang sedang 'tersangkut' tali. Jadi tugas Aca adalah menggunting talinya untuk melepaskan ulat-ulatnya. Aku menggunakan ulat mainan yang terbuat dari kayu. Sengaja aku ikat dengan tali dan ditempel di jendela depan. Hasilnya lucuuu..








Yang terakhir kami membuat kupu-kupu dari kertas origami yang diberi cat warna-warni. Caranya lipat kertas jadi dua,buka lalu teteskan pewarna di salah satu sisinya. Tutup lagi biar catnya bercampur dan voilaa..jadilah warna-warna abstrak yang cantik. Gunting seperti kupu-kupu lalu keringkan.




Sayangnya Aca tidak sabar menunggu kupu-kupunya kering. lalu aku membuat kupu-kupu sederhana dari kertas origami. Tidak memakai cat tapi menggunakan sisi kertas yang sudah berwarna. Setelah jadi, tinggal dipasang deh untuk digabungkan sama bunga dan ulat tadi.

 Alhamdulillaah...ini dia hasilnya...


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share