Pages

Wednesday, January 21, 2015

Belajar Hijaiyah

Memperkenalkan huruf hijaiyah sebenarnya sudah lama, sejak Aca mulai masuk Play Grup. Aca sudah hafal dengan semua huruf-hurufnya. Dan mulai semester ini sengaja aku lebih banyak lagi memasukkan belajar hijaiyah di rumah. Aca tidak aku masukkan di TPQ seperti kebanyakan anak-anak di sekitar rumah, karena di sekolah sebenarnya juga ada pelajaran Qiroati. Seperti biasa, kami belajar sambil bermain saja di rumah. Seperti ini contohnya :

Angka Arab
Dapat printable angka  dari HomePlaySchool. Jarang-jarang ada printable hijaiyah, jadi pas ketemu seneng banget deh. Angka Arab ini kami mainkan dengan menggunakan stiker bulat warna warni. Aca harus menempelkan stiker sesuai dengan urutan angkanya. Dan menyenangkan mengetahui Aca semangat dan berhasil menyelesaikannya dengan cepat.



Huruf Hijaiyah
Selain menggunakan flash card hijaiyah, video, ataupun buku Qiroatinya,sekarang kami mempunyai cara baru belajar membaca hijaiyah. Ini adalah hadiah yang diberikan bu gurunya Aca sewaktu mengadakan home visit beberapa waktu lalu. Jadi ada satu kotak huruf-huruf hijaiyah dengan harakatnya yang sudah dilaminating, belakangnya dikasih vellcro untuk dipasangkan di kain felt yang sudah ditempelkan di tutup kotaknya tadi. 



Lumayan seru untuk variasi bermain dan belajar bagi Aca. Biar anaknya tidak bosen.




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share