Pages

Thursday, February 19, 2015

Belajar Berhitung dan Beras Warna

Sudah lama tidak membuat beras warna, weekend kemarin aku sempatkan mewarnai sedikit beras untuk bahan main dan belajarnya Aca. Dan karena hari ini libur, jadi waktu yang tepat untuk memainkannya.

Beras warnanya aku gunakan untuk bermain hitung kalau istilahnya Aca. Selain beras warna, aku menggunakan stiker bulat, beads kayu berbentuk kepik, serta scissor scooper. Tak lupa aku beri soal penjumlahan di kertas. 



Caranya, Aca harus menghitung dulu penjumlahan di kertas yang sudah aku siapkan. Biasanya Aca menghitung pakai jari tangan. So far, penjumlahan sampai lima dia sudah bisa. Makanya aku mulai perkenalkan untuk diatas angka lima. 

Play n learn kali ini sukses bikin seisi lantai rumah penuh dengan beras warna-warni. Tapi suka melihat Aca semangat berhitung dan ngubek-ngubek berasnya. Coba kalau cuma diminta mengerjakan worksheetnya, bisa kabur dia.

Yang aku perhatikan dari Aca adalah betapa dia sangat tidak sabaran dalam menghitung dan mengurutkan. Sering kelewat dalam mengurutkan angka gara-gara mau cepat selesai. Masih perlu banyak latihan nih..
Well, kita lihat saja bagaimana serunya Aca bermain dan belajar tadi yuk..

simple worksheet


beadsnya ada di bawah beras. Aca harus mengambil beads yang sudah ditempel stiker sesuai angka yang benar dengan scissor scooper. Great for fine motor skill.

Ini cara Aca berhitung. Dengan menggunakan jari-jarinya. Selalu suka melihatnya bersemangat belajar seperti ini.

Dengan beras berceceran dimana-mana, inilah cara Aca belajar dengan menyenangkan.



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share