Pages

Wednesday, February 4, 2015

Pekerjaan dan Kendaraan

Postingan yang terlewat bulan Januari kemarin. Tema di sekolah tentang Pekerjaan (meskipun fokus belajar di sekolah adalah berdagang), maka di rumah kami belajar tentang macam-macam pekerjaan. Tidak terlalu banyak permainan dengan tema ini seih memang, karena Aca sering aku ajak ke tempat-tempat jenis pekerjaan tertentu untuk kemudian kami berdiskusi tentangnya bersama-sama. Setidaknya kemarin kami ke pasar tradisional, rumah sakit, sekolah, juga beberapa kali ikut emaknya ini bekerja.

Untuk play n learn di rumah, beberapa yang kami lakukan diantaranya adalah matching game antara pekerjaan dan kendaraan yang dipakai. Pakai printable dari totschooling. Dalam permainan ini aku membuat feltboard sederhana. dari kertas kardus yang dilapisi kain flanel. Sedangkan untuk gambar-gambar printablenya, setelah aku print di kertas cover biasa, kemudian aku lapisi lagi dengan kertas kardus biar lebih kuat dan tebal lalu aku tempeli dengan velcro agar bisa ditempel ke feltboardnya.

Satu lagi modifikasi dari printablenya adalah aku juga membuat potongan kertas yang aku tulis dengan nama-nama profesi/pekerjaan yang ada digambar. Maksudnya sih biar Aca belajar membaca juga, atau setidaknya mengenali kata-katanya.

Ini dia materialnya. Feltboard, kartu-kartu berisi gambar profesi, kendaraan, dan tulisan masing-masing profesi.



Yang pertama, mencocokkan gambar dengan pekerjaan. mesti sabar membujuk Aca agar mau membaca.

Kemudian, memasangkan masing-masing gambar dengan kendaraan yang dipakainya. Feltboardnya bisa digantung sih, tapi ribet nyari gantungannya hehehe...

Seperti biasa, Aca harus mengucapkan setiap profesi dan kendaraannya dengan jelas. Untuk latihan pelafalan ya Ca. Semangaatt..


Ini dia hasilnyaa..Good Job kiddo..



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share