Pages

Thursday, May 28, 2015

Behind the Scene Blog Cerita Berwarna

Bismillah..ikutan blog challenge dari Indonesian Hijab Bloger lagi. Lumayan membuat variasi postingan blog biar tidak melulu isinya tentang kegiatan play n learn nya Aca. Kali ini tentang Behind the Scene postingan blog ini,

Biasanya sumber postingan main setiap hari Sabtu. Karena setiap hari sabtu, Aca libur jadi punya waktu seharian untuk main. Aku juga libur jadi bisa mempersiapkan bahan dan material dan foto-fotonya tentunya. Kalau hari biasa, tetep masih ada sesi play n learn. Tapi biasanya untuk urusan foto-foto agak kacau dan seadanya. Alasan lain juga kalau hari biasa, Aca lebih sering main dengan durasi waktu yang pendek tapi dengan banyak jenis permainan. Juga seringnya free play. Jadi agak susah kalau diceritakan di blog. Paling cuma aku share di DP BBM atau share kegiatan di grup WA.

1. Persiapan

Tentang bahan dan material, aku mempersiapkannya mulai Jumat malam. Mulai ngeprint bahan kalau ada, meletakkan material terpisah untuk setiap jenis kegiatan. Tema kegiatannya sudah aku bikin bulanan yah, jadi tiap minggu biasanya sudah ada rencana kegiatan. Kalaupun ada kegiatan baru, biasanya juga aku memilih yang bahan-bahannya selalu ada di rumah.

2. Waktu Bermain
 Di awal play n learn, aku biasakan untuk menyiapkan dan mendokumentasikan (memfoto) materialnya dulu. Jadi sebelum main Aca harus sabar menunggu uminya foto material dulu. Nah ini yang lama-lama Aca suka niru. Sering dia tiba-tiba kalau main sendiri, pinjam hp ku dan moto mainannya. Sebelumnya ditata dulu sedemikian rupa lalu difoto. Katanya 'seperti Umi' hehehe..
ini lagi 'pura-pura' moto material main. Ulat kayunya ditata sampai rapi baru difoto.

Foto waktu bermain juga tidak semudah seperti yang keliatannya. Lumayan susah main sambil foto-foto. Kadang hasilnya ngeblur semua karena setiap main, anak-anak pasti heboh gerakannya. Sedangkan pakainya juga kamera hp biasa. Jadi biasanya aku akali dengan banyak sekali jepretan biar nanti tinggal milih mana yang lumayan bagus. Itu juga kalau Aca pas lagi mood. Kadang, dia mana mau difoto pas main. 'Umi jangan foto, Main aja'. Jadi uminya pasrah aja ikutan main sampe selesai atau sesekali moto anaknya pas lagi lengah hahaha...

3. Posting Blog
Selesai main, sudah dapat foto, biasanya lagi acara posting blognya nunggu kalau weekdays. karena harus buka laptop. Di sela-sela jadwal nglembur di malam hari saat Aca sudah tidur. Pertama, memindah file foto dari hp ke laptop. Milih foto yang cocok lalu edit sebentar. Editnya bukan yang gimana-gimana. Aku tidak pinter ngedit foto. Seadanya banget deh pokoknya. Cuma ngeresize ukuran sama memberi watermark aja.  Untuk kata-katanya juga yang simpel karena aku ingin siapapun yang membaca blog ini nantinya akan mendapati tulisan yang ringan dan menyenangkan. Apalagi karena berdasarkan pada permainan dan kegiatan sehari-hari, aku biarkan kata-katanya mengalir apa adanya. Uminya Aca ini belum bisa nulis yang puitis dan indah hihihi.... Akhirnya, edit beberapa kali tentang ejaan atau foto yang mungkin kurang pas, jadi deh. Publish and Done!




Yang jelas, banyak yang tidak terdokumentasikan di blog. Saat seisi rumah penuh dengan beras warna-warni, lantai teras yang licin karena habis main air, atau kaca jendela penuh dengan bekas selotip hahaha...dan itu termasuk behind the scene lain yang semoga mengukir kenangan manis di benak Aca.

Behind the Scene nya simpel banget kaan? Iyalah. Kalau ribet-ribet ntar blognya kosong karena males bikin postingan baru hehehe.... Yang jelas, sejauh ini aku sangat menikmati ngeblog. Menyenangkan melihat kembali foto-foto kami pas main bersama, memikirkan apa saja yang sudah kami pelajari, dan merencakan permainan apa lagi yang bisa kami lakukan berikutnya. Dan kelak akan kembali dibaca Aca lagi dengan bahagia.

Tulisan ini diikutsertakan dalam IHB May Blog Post Challenge



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share