Pages

Wednesday, May 13, 2015

Belajar tentang Darah

Judulnya serem amat yak? hihihi...enggak ding. Kami cuma have fun bermain dan sedikit membahas tentang darah weekend kemarin. Kebetulan Aca punya mainan yang sudah lama belum dipakai yaitu Body Safari Heart Central dari The Magic School Bus. Sebuah mainan yang berupa replika jantung dan bagian-bagiannya. Mainan ini keren banget deh. Walaupun semua memakai bahasa inggris, tapi lumayan membuat anak-anak tertarik. Mungkin juga karena mereka belum pernah melihat mainan seperti ini, dan itu lumayan membuat mereka betah diajak mengeksplor dan mempelajari setiap bagiannya.


Karena semua petunjuk dan keterangan memakai bahasa inggris, aku menggunakan buku bantu lain untuk sedikit menerangkan tentang peredaran darah. Bukunya adalah sebuah buku Komik Sains, Bagaimana Organ Tubuhmu Bekerja : Sistem Peredaran Darah. Walaupun Judulnya Komik, tapi buku ini banyak tulisan yang jelas dan lengkap tentang darah. Tentu saja dengan bahasa anak-anak jadi Alhamdulilllah bisa banget dijadikan referensi.

Pertama kali Fida dan Aca melihat sebongkah jantung ini, mereka sibuk bertanya apa ini apa itu. Kemudian aku bacakan beberapa bagian buku, terutama yang ada gambar jantungnya biar mereka melihat antara yang di buku dan 'asli'nya. 


Karena menceritakan tentang pembuluh balik, kapiler, katup-katupnya sepertinya terlalu berat bagi mereka (dan juga uminya hihihi), kami kemudian hanya membahas tentang sel darah putih dan sel darah merah. Ini nih yang seru, di mainan Heart Central juga disertakan beberapa mainan kecil untuk contoh darah merah dan darah putih. Untuk yang darah merah, bila digenggam lama, dia akan berubah warna menjadi merah cerah, nantinya setelah dibiarkan akan kembali ke warna aslinya yaitu merah keunguan. Agar lebih jelas, aku sudah sediakan saja wadah berisi air hangat dan air dingin untuk melihat perubahan warna itu.

Mengapa sel darah bisa berubah warna? Jawabannya karena darah yang berwarna merah terang adalah darah yang mengandung oksigen. Sedangkan yang mengandung karbondioksida adalah darah berwarna merah tua. Darah putih bertugas membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh. Darah putih ini juga ada mainannya. Bahkan ada juga kuman yang bisa dimasukkan ke dalam darah putih sebagai peraga bahwa darah putih inilah yang membasmi kuman jahat.


Kedengaran rumit kah? kalau dengan banyak alat peraga seperti ini, jadinya tidak serumit seperti yang diceritakan kok. Apalagi diselingi kehebohan Aca dan Fida yang pura-pura memompa jantung, sok banget meneliti darah merah yang berubah warna dengan kaca pembesar, satau Aca yang sibuk membuka tutup pintu katup jantungnya. 

Hasilnya, anak-anak jadi tahu tentang banyak kosakata baru. Ada darah merah, darah putih, kuman, jantung. Bahkan Aca pun bisa cerita kalau sel darah putih untuk mengalahkan kuman, dan darah merah untuk membawa udara (bahasa gampangnya oksigen) ke badan hehehe...

Seru banget kan? Di akhirnya, kami kemudian membahas bahwa Allah sungguh luar biasa telah menciptakan jantung, darah, dan semua bagian tubuh kita. Semuanya ciptaan Allah, dan itu semua karena Allah sayaaaang banget pada kita semua...

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share