Pages

Wednesday, November 4, 2015

Balok Spon, Bukan Balon Biasa

Bisa dibilang Aca suka sekali main balok. Aca memang suka mainan yang berhubungan dengan dengan membangun dan membentuk seperti balok dan pattern block seperti yang pernah aku ceritakan di sini.  Kalau puzzle Aca kurang suka. Sering gak sabar main puzzle, apalagi yang bentuknya kecil-kecil gitu.

Kalau balok, sering Aca cerita kalau di sekolah, dia sering sekali membuat rumah, bentuk-bentuk dari balok kayu. Ingin juga menyediakan balok juga untuk di rumah. Tentu saja tidak sebanyak yang ada di sekolah, tapi kuharap cukup untuk dipakai Aca berkreasi sesukanya.

Mulailah mencari mainan balok yang cocok digunakan di rumah. Daan...akhirnya aku menemukan Balok yang bagus banget. Balok spon namanya. Dari namanya sudah jelas kan kalau beda banget dengan balok kayu seperti balok pada umumnya. Balok spon ini ringan, warna-warni, tapi kuat. Terdiri dari macam-macam bentuk dan ukuran. Dilengkapi dengan tempat penyimpanan jadi cocok banget bagi kami yang rumahnya sempit. Dan yang paling penting, Aca sukaaaa sekali. Setiap hari pasti dimainkan olehnya. Lumayan banget saat aku tidak sempat menyiapkan bahan play n learn nya.


Aku sih senang saja kalau Aca tiap hari main balok. Karena main balok ini punya banyak sekali manfaat bagi anak-anak. Seperti yang dijelaskan di sini , main balok mempunyai beberapa manfaat yaitu :
  1. Meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halus anak
  2. Mengenalkan konsep dasar matematika, yaitu seperti : mengenalkan konsep berat dan ringan, panjang-pendek, besar-kecil, tinggi-rendah ; belajar mengelompokkan benda berdasarkan bentuk dan warna ; mengenalkan konsep arah kiri-kanan, atas-bawah.
  3. Merangsang kreativitas dan imajinasi anak
  4. Mengembangkan keterampilan bahasa anak (karena anak memberikan label pada benda yang dilihatnya serupa)
  5. Bila bermain dengan temannya, permainan ini dapat melatih kepemimpinan, inisiatif, perencanaan, mengemukakan pendapat, dan kemampuan mengarahkan orang lain.
  6. Permainan ini juga mengembangkan empati anak dengan menghargai hasil karya orang lain. Inilah yang merupakan bagian dari kecerdasan emosi anak
Ditmbah lagi, karena balok spon ini bentuknya ringan, sehingga aman apabila terlempar atau keinjak. Baloknya juga dicat dengan cat non toxic jadi jelas aman untuk dimainkan anak-anak. 

Selain untuk main 'membangun', kadang kami juga belajar pola menggunakan balok spon ini. Caranya, aku siapkan beberapa urutan balok dengan bentuk atau warna berbeda, dan Aca yang bertugas untuk menentukan balok berikutnya. Atau bisa juga digunakan untuk main memor game. Caranya, aku membentuk balok menjadi bentuk tertentu, Aca harus melihat sekilas, dan dia bertugas untuk membuat bentuk yang sama seperti yang sudah aku buat. Tentu saja tidak boleh melihat contohnya. Ini aku gunakan untuk melatih memori nya Aca.

Mau lihat apa saja yang dibuat Aca dengan balok-balok warna warninya ? Ini dia sebagian hasil karyanya. Kebanyakan malah tidak sempat difoto ^_^






No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share