Milad 6 Tahun Aca


Aca ulang tahun lagi. Tahun ini genap berusia 6 tahun. Sudah mau masuk SD. Sudah harus mulai lebih bertanggung jawab, disiplin dan mandiri. Dan semakin banyak lagi tugas orang tuanya ini untuk membimbing dan memberi contoh yang baik untuknya. Makin sholih ya Aca sayang...

Untuk ulang tahunnya, Aca sudah jauh hari request pengen berbagi bingkisan. Apalagi beberapa kali sebelumnya Aca juga mendapat goodiebag ulang tahun dari teman-temannya Tapi, kalau untuk seperti mereka diriku yang tidak mampu hehehe...Tapi tetap ingin mengabulkan requestnya Aca. Walaupun bukan berbagi  yang mewah dan mahal. Yang sederhana saja.

Tapi yang sederhanapun bagi uminya Aca ini berarti ribet dan detil. Karena selalu ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat dan berguna lebih lama daripada hanya berbagi makanan atau kue, tentu saja butuh pemikiran dan energi ekstra. Hasil diskusi bersama Aca dia pengen tema berbagi apa. Dan jawabannya adalah Pesawat. Hmm..oke. Tema nya sudah ada. Deal. Pesawat.


Karena tema besarnya adalah pesawat terbang, aku mulai mencari ide yang  berhubungan dengan pesawat. Dan terpikirlah tentang pesawat, terbang, dan impian. Dapat quote keren dari seorang sahabat yaitu "Fly Your Dream". Terbangkan Mimpimu. Yess. Pas banget. Aca yang akhir-akhir ini suka banget dengan pesawat. Aca yang sedang suka dengan peta, atlas, dan bendera negara-negara di dunia. Aca yang semoga bisa terbang tinggi mengelilingi dunia dan menggapai mimpi-mimpinya.

Terus bikin apa ya?

Cari ide sana sini, mikir ini itu, sampai mengingat obsesi masa lalu yang belum kesampaian hihihi...jadilah kami memutuskan untuk membuat buku. Buku ini adalah buku yang mengajak orang tua untuk bermain bersama anak. Buku yang berisi kumpulan ide bermain dan belajar di rumah. Buku Yuk Main!

Awalnya aku pikir membuat buku akan gampang karena punya banyak stok materi foto kegiatan di blog ini  jadi tinggal milih. Tapi ternyata, foto dari blog tidak cukup layak untuk dijadikan buku karena resolusi yang kecil dan foto yang tidak teratur. Jadilah kami membuat kegiatan baru dan foto ulang setiap kegiatan.

Foto ulang juga tidak mudah karena meminta Aca untuk tenang biar dapat angle foto yang bagus itu ternyata susah sekali. Butuh banyak sekali jepretan untuk mendapatkan hasil foto yang cukup lumayan. Dan alhamdulillah, semuanya selesai tepat waktu meskipun banyak kekurangan disana sini.

Dibantu tim disain Pelangiku Handmade yang keren banget, jadilah buku handmade kami yang pertama. Handmade karena kami membuatnya sendiri, mulai dari disain sampai mencetak. Nyetaknya memakai printer deskjet dan kertas HVS biasa. Berubah dari rencana awal yang inginnya mencetaknya di percetakan serta memakai kertas art paper biar tidak luntur dan glossy. Tapi harganya ternyata mahal, jadilah kami ngeprint sendiri. Walaupun ngeprint sendiri, tapi hasilnya lumayan. Setidaknya menurut kami, yang sudah bekerja keras membuatnya hehehe...Dan yang penting Aca suka kok hehehe..

Jadi dalam buku Yuk Main ini, berisi beberapa kegiatan yang sudah pernah kami lakukan di rumah. Ada craft dan eksperimen sains sederhana. Sengaja aku pilihkan kegiatan yang cukup mudah dipahami dan dipraktekkan. Selain itu juga aku sediakan beberapa bahan dan material yang digunakan dalam kegiatan di buku tersebut. Untuk memudahkan mencoba setiap kegiatan di buku. Harapannya, agar nantinya semua teman-temannya bisa mencoba melakukan semua kegiatan di buku dan tidak ada alasan kesulitan mendapatkan bahan material.

Selain paket buku dan bahan, juga ada blocknote (untuk mencatat hasil eksperimen), cangkir enamel (bisa digunakan untuk berkesperimen atau hanya untuk minum biasa), serta dua jenis snack. Packing di paper bag polos yang dihias dengan gambar pesawat terbang. Semoga suka ya Ca...

Dan pendapat teman-teman Aca? Alhamdulillah...mereka suka banget. Sempat deg-degan apa bingkisan Aca akan diterima mengingat sesuatu yang "berbeda". Tapi saat banyak yang bilang suka dan telah mencoba kegiatan di dalam bukunya, rasanya puas dan bahagia sekali. Terima kasih banyak semuanya yaaa....

 Buku Yuk Main nya Aca ^_^

Isi buku. Berisi beberapa kegiatan craft dan eksperimen sain sederhana yang sudah pernah Aca lakukan di rumah.

Bahan material. Ada kertas origami, pipe cleaner, kancing besar, soda kue, dan masih banyak lagi


 
Blockonote. Sukaaa banget sama detil di setiap lembarnya.

Satu paket isi goodiebag

Snack pertama 

Snack kedua

Simpel bento. Masih dengan bentuk pesawat hehe


Post a Comment

0 Comments