Pages

Sunday, May 1, 2016

Sekolah Taman, Meramaikan Taman untuk Kegiatan Kreatif dan Positif


Apa itu sekolah taman? Sekolah taman atau Setaman adalah kegiatan edukatif yang diselenggarakan di taman. Sekolah Taman adalah buah kolaborasi dari @kudusmengajar, @kudusbergerak, @koinpintar, dan @YukMain. Seperti halnya sekolah, di Setaman ini juga terdiri dari kelas-kelas. Apa saja kelasnya? Ada kelas mimpi, kelas sains, serta kelas ceria. 

Karena tahun ini Yuk Main! diajak berkolaborasi, tentu saja kami semua semangat sekali. Yuk Main diberi bagian mengisi kelas sains dan craft.

Dan Setaman kemarin, sukses. Alhamdulillaaah. Lancar, ramai, dan seruuu...

Acara diawali dengan baris bersama, bernyanyi, bergoyang, berkenalan. Pemanasan yang keren dari panitia.



Peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari anak playgrup, TK dan kelas 1 SD serta kelompok lain diatas kelas 1. Kelompok pertama boleh mengikuti kelas mewarnai. Sudah disediakan crayon serta lembar bergambar untuk diwarnai. 




Kelas kedua di kelas sains. Kami dibantu oleh murid SMA yaitu melakukan eksperimen menjernihkan minyak jelantah menggunakan buah pisang.Pisang matang yang sudah ditumbuk bisa digunakan untuk menjernihkan minyak yang sudah keruh. Jadi bisa menghemat minyak goreng. Lihat deh bagaimana anak-anak mengamati selama percobaan berlangsung. Suka ekspresinya..



Setelah kelas sains, kelompok kedua dibagi lagi menjadi beberapa kelompok untuk mengikuti kelas ceria. Ada games seru menanti mereka. Halang rintang, memegang belut, mencari pesan dalam botol, memindahkan karet menggunakan sedotan. Semua kelompok harus menyelesaikan setiap tantangan yang sudah disediakan panitia.


Untuk ibu-ibu yang mengantar anak-anak, kami menyediakan kelas craft. Yang pertama adalah membuat aksesoris dari tutup botol bekas. Bisa dijadikan bros, gantungan kuci, serta tempat jarum. Tidak hanya ibu-ibu ternyata yang tertarik, anak-anak juga suka dan semangat membuatnya.


Kelas craft kedua adalah membuat mainan dari tutup botol bekas juga. Kali ini anak-anak yang membuatnya sendiri. dari tutup boto, mika warna-warni, dan stik es krim bisa dibuat kupu-kupu, capung atau kepik yang cantik.


Setelah istirahat, ada kelas edukasi. Ada penyuluhan tentang gigi. Di kelas ini, dijelaskan tentang kesehatan gigi, bagaimana merawat gigi, serta cara menggosok gigi yang benar. Ada hadiah spesial bagi yang bisa menjawab pertanyaan seputar gigi juga.


Para peserta, panitia, serta pengisi acara Sekolah Taman 2016. Kalian semua hebaaaattt....

Sampai jumpa di Sekolah Taman tahun depan yaa....








No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share