Pages

Monday, December 26, 2016

Playdate Batch 6 : Bikin Es Krim Yuukk...



Siapa yang suka es krim? Hampir semua anak akan mengangkat tangannya  tinggi-tinggi kan. Iya, hampir semua anak suka es krim. Sebenarnya bukan anak-anak juga sih, pasti orang dewasa juga suka makan es krim. Hayo ngaku?
Nah, acara Yuk Main bacth 6 bulan Oktober yang lalu adalah belajar membuat es krim homemade. Jadi modelnya field trip. Bukan playdate seperti biasa di taman. Kebayang kan asyiknya ? Yuk kita ikuti ceritanya..

Acara dimulai seperti biasa dengan pembukaan dan membaca doa. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan tentang es krim dari Pak Sutopo. Disini, anak-anak dijelaskan tentang bahan-bahan membuat es krim, apa saja yang diperlukan agar bisa membuat es krim enak dan sehat serta tips trik untuk para ibu-ibu dalam membuat es krim sendiri di rumah. Bahkan bisa dijual juga lho.



 Pak Sutopo sedang menjelaskan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat es krim
 
Kemudian dimulailah praktek membuat es krim. anak-anak dibagi menjadi tiga kelompok. Es krim yang dibuat adalah es krim buah naga. Benar-benar memakai buah naga asli.
Anak-anak bergantian memegang mikser, mengaduk adonan es krim, memasukkan satu demi satu bahan dengan hati-hati. Rebutan? Iyalaah...Seru? Pastinyaa...

 Gantian pegang miksernya yaa....

Setelah jadi, hasil es krim ketiga kelompok nantinya akan dilombakan. Tapi menunggu beku dulu sekitar 30 menit yah. Selagi menunggu, anak-anak membuat craft es krim bersama. 

Craftnya adalah membuat es krim mainan dari kertas warna-warni. Bisa dijadikan alat bermain peran, properti foto, dan hiasan di rumah. Seperti biasa, dari bahan-bahan yang sederhana pun bisa jadi bahan bermain dan belajar yang bermanfaat.

 Craft time..

  dengan hasil craft mereka..semua yang dibikin sendiri itu bikin banggaaaa...
 
Selesai membuat craft, Pak Sutopo mengajak anak-anak untuk membuat jaring laba-laba yang nantinya digunakn untuk menghias es krim. Nanti tiap kelompok juga akan menghiases krim dan yang paling bagus akan mendapat hadiah. Jaring laba laba ini terbuat dari campuran tepung, air dan pewarna. Jadi amaan. Cuma agak-agak ngeri pas melihat anak-anak praktek membuatnya sendiri diatas wajan. Alhamdulillah, semua aman. Pak Sutopo sudah biasa mengajari anak menggunakan kompor dan wajan rupanya.


Setelah semuanya selesai, waktunya menghias. Tiap kelompok mendapatkan jaring laba-laba,es krrim beku yang tadi sudah dibuat, dan aneka topping seperti permen warna-warni, wafer stick, coklat dan lain-lain.
  Hasil tiga kelompok dalam menghias es krim
 
Saatnya penjurian. Waah...senangnya bagi yang menang. Kelompok yang menang masing-masing mendapatkan voucher es krim gratis.

 presentasi tiap kelompok

Acara ditutup dengan foto bersama. Alhamdulillah semua lancar, menyenangkan dan bermanfaat. Sampai jumpa di playdate berikutnya yaa...
  Para peserta dan pendukung acara playdate batch 6

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share